Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Headlines Indepth Jelajah Wawancara

Dicari Hoegeng Baru, Kamu Bisa Usulkan Nama! Terakhir 9 Mei 2022

Jakarta – Bekerja sama dengan Polri, detikcom menghadirkan program ‘Mencari Hoegeng Baru’. Inspirasi lahirnya program ‘Mencari Hoegeng Baru’ ini berlandaskan pada keyakinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bahwa masih banyak anggota Polri yang memiliki jiwa keteladanan seperti Hoegeng. Selain itu, program ini juga sejalan dengan semangat Presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan) yang diusungnya.

Listyo Sigit dalam penjelasannya mengenai program Presisi menyatakan, dalam program ini ditekankan pentingnya kemampuan pendekatan predictive policing atau pemolisian prediktif. Dengan begitu, Polri mampu menakar tingkat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) melalui analisis berdasarkan pengetahuan, data, dan metode yang tepat sehingga dapat dicegah sedini mungkin.

Sementara itu, responsibilitas dan transparansi berkeadilan menyertai pendekatan pemolisian prediktif yang ditekankan agar setiap anggota Polri mampu melaksanakan tugas secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab, dan berkeadilan. Peta jalan Transformasi Polri Presisi itu diturunkan dalam empat kebijakan utama, yaitu Transformasi Organisasi, Transformasi Operasional, Transformasi Pelayanan Publik dan Transformasi Pengawasan.

Semangat yang digelorakan Sigit di Korps Bhayangkara lewat program Presisi itu sejalan dengan nilai-nilai yang diwariskan para pendahulunya, termasuk Jenderal Hoegeng. Menurutnya, sifat-sifat Hoegeng yang tulus, ikhlas, dan dekat dengan masyarakat perlu diimplementasikan pada setiap insan Bhayangkara pada level pimpinan sampai pelaksana di lapangan.

Oleh karenanya detikcom mengajak Anda pembaca setia detikcom dan seluruh masyarakat Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam program ‘Mencari Hoegeng Baru’ ini. Jika di lingkungan Anda ada sosok personel Polri yang bisa jadi teladan, Anda bisa mengirimkan informasi tersebut kepada detikcom. Pembaca yang mengusulkan dan polisi yang diusulkan masuk 10 besar nominasi akan mendapat bingkisan apresiasi dari detikcom.

Berikut mekanisme seleksi Hoegeng Awards 2022:

Daftarkan anggota polisi di sekitarmu yang dinilai patut menjadi kandidat penerima Hoegeng Awards 2022 melalui link berikut ini:

-> http://dtk.id/hoegengawards.

Isi identitas diri kamu selaku pengusul berupa nama lengkap, alamat email dan nomor seluler yang bisa dihubungi.

Isi juga identitas Polisi yang kamu ajukan sebagai kandidat penerima Hoegeng Awards 2022. Selain nama, informasi pangkat dan tempat berdinas polisi tersebut akan sangat berguna. Jika memungkinkan, sertakan pula foto dan video.