BREBES – Sedikitnya 30 bangunan yang diduga jadi tempat esek-esek atau warung remang-remang dibongkar paksa dengan menggunakan alat berat beko, Kamis, 6 Juni 2024.

Bangunan yang berada di sekitar jalan provinsi, tepatnya di wilayah Kecamatan Kersana itu, diratakan menggunakan dua alat berat. Pembongkaran mendapatkan pengawalan ketat dari aggota kepolisian dan TNI.

Selain mendapatkan pengawalan ketat dari anggota TNI-Polri, pembongkaran juga disaksikan oleh anggota Satpol PP Kabupaten Brebes dan Satpol PP Kabupaten Brebes. Hadir juga sejumlah masyarakat dan Ormas di wilayah Kersana dalam pembongkaran tersebut.

Usai pembongkaran, Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Tubayanu mengatakan, sebanyak 30 bangunan yang dibongkar hari ini. Menurutnya, pembongkaran ini sudah sesuai tahapan.

“Hari ini kami bersinergi dengan unsur TNI-Polri dan juga dari Balai Bina Marga (melakukan pembongkaran). Dan antusiasme masyarakat juga mendukung upaya pemerintah untuk menertibkan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di lapangan,” kata Tubayanu.

Tahapan yang dimaksud, kata dia, pihaknya sudah memberikan kelonggaran bagi pemilik untuk melakukan pembongkaran secara mandiri. Dan hari ini, batas terakhir untuk pembongkaran.

“Kami sudah memberikan kelonggaran untuk membongkar secara pribadi. Namun, hari ini batas akhir kami untuk melakukan proses penertiban untuk mengembalikan fungsi badan dan ruas jalan,” jelasnya.

Setelah pembongkaran ini bisa diratakan dan dirapikan, lanjut dia, aktivitas masyarakat, terutama pengguna jalan bisa lebih luasa dan tidak terganggu.

Juru bicara Forum Organisasu Islam (Foris) Brebes Abu Ihyq menyampaikan syukur atas apa yang menjadi harapan warga terkait pembongkaran bangunan yang diduga remang-remang sudah dibongkar.

“Alhamdulillah apa yang menjadi harapan warga, khususnya warga Cigedog (pembongkaran bangunan, Red) dapat berjalan dengan baik tanpa adanya suatu halangan apapun,” jelasnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono