SEMARANG – Sebuah rumah di Dusun Kroyo, Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, dilanda kebakaran pada Jumat malam, 13 September 2024.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 19.30 WIB ini diduga disebabkan oleh lupa mematikan kompor sebelum ditinggal pergi oleh pemilik rumah. Api menghanguskan bagian dapur rumah yang sebagian besar berbahan kayu.

Kapolres Semarang, AKBP Ike Yulianto W, mengonfirmasi bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. “Berdasarkan informasi awal dari Polsek Bringin, dugaan kuat adalah pemilik rumah lupa mematikan kompor saat sedang memasak,” ujar Kapolres pada Sabtu, 14 September 2024.

Kapolsek Bringin, Iptu Sudaryono SH, MH, menjelaskan bahwa pemilik rumah, Sutrismanto (70), beserta istrinya, Rukini (71), tidak berada di rumah saat kejadian.

“Pak Sutrismanto baru saja pergi, dan istrinya sedang menghadiri pengajian di lingkungan Dusun Kroyo. Yang pertama kali mengetahui kebakaran adalah anak mereka, Andriyanto (31), yang baru pulang dari tempat kerja,” jelas Iptu Sudaryono.

Melihat bagian belakang rumah terbakar, Andriyanto segera meminta bantuan dari tetangga sekitar. Namun, upaya pemadaman awal mengalami kendala karena warga hanya menggunakan peralatan seadanya.

Setelah menyelamatkan beberapa barang dari dalam rumah, warga langsung menghubungi Polsek Bringin untuk meminta bantuan lebih lanjut.

Polsek Bringin kemudian menghubungi tim pemadam kebakaran. Dua unit mobil pemadam dari Pos Bringin dan Ambarawa dikerahkan ke lokasi.

“Proses pemadaman berhasil diselesaikan sekitar pukul 20.30 WIB. Beruntung, tabung gas elpiji di rumah tersebut dalam keadaan utuh sehingga tidak terjadi ledakan,” tegas Iptu Sudaryono.

Atas insiden ini, Kapolsek Bringin mengimbau masyarakat Kabupaten Semarang, khususnya Kecamatan Bringin, untuk lebih berhati-hati sebelum meninggalkan rumah.

“Pastikan kompor, pintu, dan kondisi listrik sudah aman untuk mencegah kejadian serupa,” tutupnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo