SEMARANG – Polda Jawa Tengah melakukan rotasi sejumlah perwira menengah meliputi jabatan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) dan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum).

Direktorat baru bentukan Mabes Polri yakni Direktorat Reserse Kriminal Siber (Ditressiber) juga mulai diaktifkan.

Jabatan Dirreskrimsus yang diemban oleh Kombes Pol Dwi Subagio digantikan oleh Kombes Pol Arif Budiman yang sebelumnya bertugas sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pembinaan Karier SSDM Polri.

Kombes Pol Dwi Subagio bakal mengisi kekosongan Dirreskrimum yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Johanson Ronald Simamora.

Kombes Johanson akan diangkat jabatan baru sebagai dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri).

Di samping itu, Kombes Pol Himawan Sutanto Saragih resmi diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirressiber Polda Jateng. Sebelumnya, ia mengemban tugas sebagai Dirpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk jabatan Dirreskrimsus dan Dirressiber telah resmi diserah terimakan hari ini, Rabu (25/9/2024). Adapun jabatan Dirreskrimum belum dilakukan sertijab.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo mengatakan, organisasi Polri harus semakin menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, baik dari segi struktur maupun budaya kerja.

“Kita harus memiliki visi dan misi yang jelas, yang dapat menjawab harapan masyarakat terhadap kinerja Polri,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Kapolda Jateng juga mengingatkan para pejabat yang dilantik agar senantiasa melakukan perbaikan diri untuk menciptakan budaya kerja yang lebih baik.

“Saya minta para pejabat segera menyesuaikan diri dengan amanah yang diberikan serta responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” paparnya.

Para perwira yang menempati jabatan baru kini dihadapkan dengan pelaksanaan Operasi Mantap Praja Candi 2024 atau operasi pengamanan Pilkada.

Menurut Kapolda, operasi tersebut menjadi ujian bagi soliditas dan kesiapsiagaan seluruh personel Polda Jateng dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya ingin Jawa Tengah guyub dan rukun,” ungkapnya.

Sementara, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto mengatakan, pelaksanaan sertijab ini merupakan bagian dari dinamika organisasi Polri yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Peningkatan kinerja ini terutama dalam pengamanan Pilkada serentak yang prosesnya sedang berlangsung.

“Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan Pilkada di Jawa Tengah dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif tanpa adanya gangguan keamanan maupun ketertiban,” terangnya.

Apa itu Direktorat Siber ?

Kombes Pol Himawan Sutanto Saragih resmi diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirressiber Polda Jateng. Direktorat ini dibentuk Polri di delapan Polda untuk menangani kasus kejahatan siber yang semakin masif.

Delapan polda yang memiliki direktorat khusus ini meliputi Polda Metro Jaya, Polda Jateng, Polda Sumut, Polda Jabar, Polda Jatim, Polda Bali, Polda Sulteng, dan Polda Papua.

Beberapa tugas pokok Ditressiber di antaranya:
1. Penyelidikan dan penyidikan tindak pidana yang terkait dengan kejahatan siber.

2. Pelaksanaan deteksi dan analisis dugaan terjadinya tindak pidana siber.

3. Pelaksanaan patroli siber, pencegahan, dan edukasi literasi digital terkait tindak pidana siber.

4. Pengawasan penyidikan tindak pidana siber di lingkungan Polda.
5. Pengumpulan dan pengolahan data, penyajian informasi dan dokumentasi, serta analisis dan evaluasi pelaksanaan tugas Ditressiber.

6. Koordinasi pengawasan penyidik pegawai negeri sipil.

sumber: TribunJateng.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai