Berita

Dinparta Dukung Kepariwisataan Demak Melalui Peningkatan SDM

Demak – Dinas Pariwisata Kabupaten Demak mengadakan pelatihan pengelolaan desa wisata dan homestay.

Acara yang diikuti oleh 200 peserta ini berlangsung dari tanggal 21 – 24 Oktober 2022 ini berlangsung di Hotel Amantis Demak.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahyarini mengatakan, dari peserta yang ada dibagi menjadi 5 pelatihan dengan masing-masing pelatihan diikuti 40 orang.

“Kegiatan meliputi pelatihan pengelolaan desa wisata di destinasi wisata, pelatihan pengelolaan homestay atau pondok wisata di destinasi wisata. Untuk pelatihan pengelolaan toilet di destinasi wisata tanggal 25 sampai dengan 27 Oktober,” katanya.

Selanjutnya, sambung dia, pada 4-6 November 2022, kegiatan pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian dan pelatihan digitalisasi, branding pemasaran dan penjualan pada desa wisata, homestay dan kuliner serta souvenir dan fotografi.

Bupati Demak Eisti’anah yang turut hadir dalam sambutannya mengatakan, untuk mendukung perkembangan pariwisata agar dapat bersaing dengan daerah lain maka dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten.

“Perlu dilakukan upaya mewujudkannya, salah satunya yaitu melalui pelatihan. Saya sangat apresiatif dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan khususnya bagi para pengelola desa wisata dan usaha homestay atau penginapan,” katanya.

Eisti’anah berharap, pengelola desa wisata maupun pengelola homestay terus berinovasi mengembangkan usaha serta mampu memberikan kesan yang baik bagi wisatawan.

“Para pelaku usaha untuk menjalin kemitraan antar pelaku usaha, wujudkan pariwisata Demak ebih maju, lebih dikenal wisatawan, baik dalam maupun luar negeri,” tukasnya.

Related Posts

1 of 22,143