November 30, 2022
Jawa Tengah
Berita

Dorong Kebangkitan Desa Wisata Demak, DPRD Siap Gelontorkan Dana

DEMAK –  Pasca pandemi Covid-19, Ketua DPRD Kabupaten Demak Fahrudin Bisri Slamet dorong pengembangan desa wisata agar tumbuh dan berkembang.

Dari 12 desa wisata yang ada di Kabupaten Demak memiliki banyak potensi wisata yang belum digarap dengan maksimal. Untuk itu agar bisa tumbuh dan berkembang pihaknya siap menggelontorkan dana.

“Kami dari legislatif yang memiliki fungsi salah satunya adalah penganggaran, kita backup penuh terkait desa wisata. Ketika sesuai regulasinya ada payung hukumnya ya pasti kita ada anggaran ke sana,” kata FBS ditemui usai acara ngopi bareng “Bangkitnya Desa Wisata Jragung” di Balai Desa Jragung, Jumat (4/11/2022) malam.

FBS berharap, dari 12 desa wisata yang ada di Kabupaten Demak bisa digarap dengan maksimal secara bertahap. Termasuk adanya sintegritas dari Pemerintah Desa, maupun dengan Pemerintah Kabupaten terkait anggaran.

“Bagaimana desa wisata ini bisa tumbuh berkembang diawali dari Desa Jragung ini, walaupun di Kabupaten Demak ini sudah ditetapkan 12 desa wisata cuman penggarapannya ini kan belum maksimal,” ujarnya.

Dicontohkan, untuk Desa Jragung sendiri memiliki potensi Off-road Jeep. Apabila dimanfaatkan dengan maksimal maka akan banyak wisawatan yang datang, sehingga akan berdampak ekonomi bagi masyarakat.

Ketua DPRD Kabupaten Demak Fahrudin Bisri Slamet (FBS) dalam acara ngopi bareng “Bangkitnya Desa Wisata Jragung” di Balai Desa Jragung, Jumat (4/11/2022) malam. 

“Besok pagi kita ini akan mengadakan jelajah wisata ya tujuannya di sini masuk hutan ini. Ini kan potensi yang ada perlu digarap sehingga efek dari itu adalah peningkatan pendapatan di masyarakat Desa Jragung,” paparnya.

Kita dukung pastinya terkait anggaran, ketika sesuai regulasinya ada payung hukumnya ya pasti kita ada anggaran ke sana.

Orang yang akrab disapa FBS itu menambahkan, bahwa pariwisata di Demak menjadi salah satu program prioritas. Oleh karena itu, perlu digenjot secepatnya.

“Demak ini ada desa wisata yang benar-benar desa wisata. Artinya orang mau berkunjung itu jelas, ini kapan di buka , ada kuliner apa, jadi informasi ini bisa didapat dari medsos dan tidak mengecewakan pengunjung yang datang ke sini,” tukasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Demak, Endah Cahyarini mengatakan, melalui forum diskusi ini diharapkan bisa memotivasi pegiat wisata yang ada di Desa Jragung dan membicarakan apa yang bisa dilakukan untuk membangkitkan desa wisata.

Pasalnya dalam kondisi pandemi kemarin tidak bisa berbuat banyak, destinasi wisata tidak boleh dibuka bahkan beberapa sarana dan prasarana mengalami kerusakan.

“Inilah saatnya kita memberikan semangat kepada teman-teman Pokdarwis, teman – teman dari Desa Jragung ini supaya bangkit kembali,” katanya.

Turut hadir jajaran Dinas Pariwisata Demak, pemerhati wisata, Pokdarwis Kecamatan Karangawen, Kepala Desa Jragung, dan lain-lain.