November 30, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Dukung Akselerasi Pemerintahan Digital, Dinkominfo Banjarnegara Luncurkan Aplikasi ‘Simpan Kabar’

BANJARNEGARA – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara terus berupaya melakukan akselerasi pemerintahan digital guna menciptakan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan Peraturan Bupati Banjarnegara No. 50 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan SPBE.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banjarnegara meluncurkan aplikasi ‘Simpan Kabar’ (Sistem Informasi Manajemen Pengetahuan Kabupaten Banjarnegara), di Aula Sasana Abdi Praja B Setda Kabupaten Banjarnegara, Selasa (22/11/2022).

‘Simpan Kabar’ merupakan bagian dari domain arsitektur dan manajemen pengetahuan dalam penyelenggaraan SPBE. Peluncuran aplikasi ‘Simpan Kabar’ dilakukan secara langsung oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dedi Restioko, ST dan disaksikan Tim SPBE Kabupaten sebanyak 30 orang yang merupakan perwakilan dari OPD terkait.

Dedi menyampaikan dalam sambutannya, bahwa penyelenggaraan pemerintahan digital harus didukung oleh sistem yang mantap, mulai dari manajemen, proses bisnis, hingga data dan informasi yang lengkap.

“Selain didukung oleh sistem yang mantap, penyelenggaraan pemerintahan digital juga membutuhkan kolaborasi dan dukungan dari semua pihak, terutama dari OPD,” lanjut Dedi.

Dedi Restioko berharap, nantinya dengan diluncurkan aplikasi Simpan Kabar ini dapat mendongkrak Indeks SPBE Kabupaten Banjarnegara.

“Harapannya, nanti dengan adanya manajemen pengetahuan yang diwujudkan dalam aplikasi Simpan Kabar ini dapat meningkatkan Indeks SPBE Kabupaten Banjarnegara, semoga bisa masuk 5 besar di Jawa Tengah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Kabupaten Banjarnegara melalui Sekretaris Dinas, Ir. Setya Adi Prabayuwana mengatakan bahwa dari tahun ke tahun, Indeks SPBE Kabupaten Banjarnegara terus mengalami peningkatan.

“Indeks SPBE Kabupaten Banjarnegara selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2019 Indeks SPBE berada di angka 1,7 lalu mengalami kenaikan menjadi 1,9 pada tahun 2020, kemudian pada tahun 2021 mencapai angka 2,42. Harapannya nanti di tahun ini, kita bisa mencapai angka 2,75 untuk meraih kategori baik,” jelasnya.

Diinformasikan, aplikasi Simpan Kabar ini dapat diakses melalui laman https://simpankabar.banjarnegarakab.go.id/ di dalamnya terdapat forum untuk diskusi dan berbagi pengetahuan. Ke depannya, aplikasi ini akan dikembangkan lagi agar bisa digunakan oleh seluruh ASN di Kabupaten Banjarnegara.