Palangka Raya – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) bersama Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, dan Pemprov Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur setempat, Selasa (20/8/2024).

Dalam Rakor yang membahas terkait, optimasi lahan dan cetak sawah ini juga dihadiri Danrem 102 Panju Panjung, unsur Forkopimda Kalteng dan para Babinsa.

Kapolda Kalteng melalui Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji menerangkan bahwa kehadiran pihaknya ini merupakan bentuk dukungan Polri terhadap program pemerintah terkait peningkatan produktifitas pangan nasional.

“Upaya dalam hal optimasi lahan dan cetak sawah ini merupakan salah satu langkah penting yang bertujuan meningkatkan produksi pangan nasional melalui pemanfaatan lahan yang kurang produktif menjadi bermanfaat dan optimal,” ungkap Kabidhumas.

Erlan juga menambahkan bahwa pada Rakor ini turut membahas upaya khusus dalam alokasi Perluasan Area Tanam (PAT) di wilayah Kalteng.

Upaya khusus terkait PAT tersebut, ialah optimalisasi lahan rawa, pompanisasi dan padi sisip diantara tanaman perkebunan dengan padi Gogo.

“Kami jajaran Polda Kalteng menyambut baik kegiatan ini dan tentunya akan melibatkan peran Bhabinkamtibmas untuk mendorong akselerasi optimasi lahan dan cetak sawah di Provinsi Kalteng, dengan tujuan agar swasembada padi dan taraf kesejahteraan para petani dapat meningkat,” pungkasnya.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng