Sidoarjo – Puluhan ribu anggota Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jawa Timur tumplek blek di GOR Delta Sidoarjo. Mereka teriakkan yel-yel dukungan untuk Paslon 02 saat cawapres Gibran Rakabuming Raka tiba di acara itu.

Sejak pagi puluhan ribu massa SPSI Jatim itu menghadiri perayaan HUT SPSI ke-51, dan HUT ke-8 Gerakan Aliansi Serikat Pekerja/Buruh (Gasper) Jatim di GOR Delta Sidoarjo.

Di depan massa yang memenuhi GOR Delta Sidoarjo, Gibran menyampaikan ada sejumlah program prioritas yang ingin dia kerjakan. Di antaranya upah layak untuk buruh dan jaminan keselamatan kerja terutama bagi kaum perempuan.

“Kami ingin kawal dan pastikan anak-anak pekerja ini bisa sekolah sampai sarjana S1. Insyaallah Prabowo Gibran akan memprioritaskan para buruh supaya sejahtera,” kata Gibran.

Selain itu, lanjut Gibran, program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan beasiswa pendidikan juga akan diprioritaskan kepada para pekerja.

“BPJS dan KIS akan kami lanjutkan, tapi tetap kami lakukan review supaya lebih tepat sasaran lagi,” ujar Wali Kota Solo tersebut.

Khofifah Indar Parawansa selaku Juru Kampanye Paslon 02 dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras para buruh yang telah bersama-sama membangun perekonomian di Jatim.

“Selamat hari jadi serikat pekerja seluruh Indonesia ke-51 dan hari jadi Gasper Jatim ke-8. Semoga semakin maju dan sejahtera, terus bertumbuh bersama Indonesia, dan Jawa Timur. Sekali lagi terima kasih peran serikat pekerja dalam membangun ekonomi di Jatim,” kata Khofifah.

Suasana kian meriah saat Khofifah mulai membacakan sejumlah pantun agar para buruh kompak dan bersama-sama menjaga stabilitas ekonomi di Jatim.

“Gadis cantik kedipannya manja, bersolek ayu berbaju jingga. Berikan semangat serikat pekerja, siklus ekonomi akan terus terjaga,” ujarnya disambut riuh massa.

Lebih lanjut, Khofifah mengajak para buruh untuk terus menjaga hubungan harmonis antarpekerja, pengusaha, maupun dengan pemerintah supaya stabilitas ekonomi, keamanan, dan iklim investasi tidak hanya terjaga tetapi juga meningkat.

“Hubungan harmonis-produktif ini harus terus kita jaga bersama. Sehingga iklim investasi di Jatim terus meningkat dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan buruh dan masyarakat,” katanya.

Ketua SPSI Jatim, Ahmad Fauzi menegaskan secara umum kegiatan HUT SPSI itu berjalan sukses. Dia meyakinkan bahwa seluruh keluarga besar SPSI siap all out memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

“Kami menargetkan dukungan ke Paslon Prabowo Gibran sebanyak 2,5 juta suara di Pemilu 2024. Kami memilih Prabowo-Gibran karena kecintaan kepada pemerintahan saat ini, Pak Jokowi. Karena pasangan ini akan melanjutkan program Pak Jokowi,” ujar Fauzi.

SPSI, tegas Fauzi juga mendukung pemerintahan bermartabat dan maju. Oleh sebab itu, SPSI Jatim siap pasang badan mendukung apa yang dilakukan oleh Jokowi demi kemajuan Indonesia. Dia pun menitipkan pesan ke Gibran agar menyejahterakan pekerja dan buruh di Jatim dan Indonesia.

“Bahwa nasib mereka tergantung pada Undang-undang Cipta Kerja. Kami menyampaikan kepada Pak Gibran sebagai cawapares untuk mensejahterakan pekerja tidak boleh membunuh industri. Perusahaan harus diberi perlindungan dan kesempatan di Indonesia. Namun, di dalam sistem pengupahan di Indonesia terutama dalam PP 51 bagaimana ketentuan itu bisa naik, terutama di Kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, dan sekitarnya, hanya naik kurang lebih 30,9 persen,” bebernya.

“Saya juga sebagai Ketua Dewan pengupahan Provinsi Jatim mendorong kepada pemerintah menciptakan solusi-solusi apik dan Alhamdulillah Pemprov Jatim selalu memberikan alternatif-alternatif yang condong kepada pekerja tapi tetap tidak merusak sistem perusahaan di Jawa Timur,” katanya.

Fauzi berharap pemerintahan Prabowo-Gibran nanti bisa mendaur ulang UU Cipta Kerja lebih baik lagi. “Bagaimana tetap melindungi dunia usaha. Dicarikan rumus dengan tetap meningkatkan kesejahteraan pekerja,” ujarnya lagi.

Ketua TKD Jatim 02 Prabowo-Gibran Boedi Soeprajitno mengapresiasi dukungan dari para buruh. “Ini akan jadi vitamin kami memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran,” tegas Boedi.

sumber : detikjatim