Desember 4, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Edukasi dan Pemberian Makanan Bergizi Jadi Jurus Jitu Turunkan Angka Stunting Desa Raji Demak

DEMAK Edukasi dan pemberian makanan bergizi kepada remaja ataupun ibu hamil akan gencar dilakukan oleh penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Raji Kecamatan Kabupaten Demak, untuk turunkan angka stunting.

Istri Camat Demak, Retno Dwi Handayani mengatakan Kecamatan Demak telah melakukan beberapa upaya untuk bisa menurunkan angka stunting di Kecamatan Demak, khususnya di Desa Raji.

Diketahui bahwa Desa Raji termasuk dalam daerah yang mengalami kasus stunting cukup banyak, meski saat ini angka stunting di Kabupaten Demak sudah mulai menurun.

Mengacu pada data SSGI bulan Juli-Agustus tahun 2022 menunjukkan bahwa prevalensi stunting turun menjadi 11,09 persen, namun angka ini belum bisa diresmikan karena belum dirilis secara resmi oleh Kementerian Kesehatan Kabupaten Demak.

“Kami dari PKK kecamatan sudah melakukan penanganan stunting, ada berapa kegiatan seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pemulihan selama di 3 bulan

dan memberikan bekal ketrampilan kepada ibu-ibu dan remaja untuk bisa memberikan makanan yang bergizi kepada anak-anak.

Terutama kepada anak yang mengalami stunting,” kata Retno saat ditemui usai menghadiri penggukuhan Ketua tim penggerak PKK Desa Raji Kecamatan Demak Kabupaten Demak di balai desa Raji, Selasa (14/11/2022).

Menurutnya untuk menurunkan angka stunting harus melakukan penanganan cukup panjang.

Dia menjelaskan penanganan yang harus dilakukan dalam waktu dekat yaitu, pengedukasian terkait konsumsi makanan yang bergizi dari sejak remaja.

Selain itu lanjutnya, pemantuan kepada ibu hamil pun juga penting dilakukan.

“Jadi tidak hanya di anak dimulai dari sejak anak remaja penanganan edukasi remaja untuk pencegahan anemia, untuk ibu hamil kami tangani selama hamil kami pantaun kemudian untuk anak stuntingnya itu PMT pemulihan,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Kastamah ketua penggerak PKK Desa Raji yang baru menyampaikan akan terus berupaya untuk menurunkan angka stunting khususnya di Desa Raji.

“Tentunya masih banyak pengarahan untuk stunting, agar desa raji bisa terbebas dari stunting saya akan melaksanakan penyuluha. Kesehan ,” ujar Kastamah.

Dia pun akan terus berkodinasi dengan pihak terkait untuk bisa mengetahui secara langsung apa yang seharusnya dibutuhkan oleh masyarat untuk menurutnkan angka stunting.

“Kegiatan berupa penambahan makanan bergizi, kamu kordinasi dengan poja yang bersangkutan,” ujarnya.