BANYUWANGI – Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) akan mengadakan kegiatan event lari skala nasional, Alas Purwo Jungle Run (APJR) yang diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus 2024.

APJR adalah rangkaian kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) dan Dies Natalis Universitas Gadjah Mada (UGM) Ke-75, kolaborasi antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan UGM yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

“Alas Purwo Jungle Run sebagai edukasi konservasi keanekaragaman hayati kepada masyarakat serta mempromosikan destinasi sport tourism di Kabupaten Banyuwangi,” kata Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo, Novita Kusuma Wardani.

Menurutnya, pemanfaatan secara lestari di Taman Nasional dapat dilakukan melalui pariwisata pada zona yang sesuai yaitu kegiatan relaksasi di hutan (Forest Healing Program) menjadi atraksi yang memikat dalam menikmati keindahan bentang alam dan kehidupan liar.

Forest healing tersebut juga yang diharapkan TNAP dapat dirasakan para pelari yang berlari sambal berwisata serta berlari sambil memulihkan jiwa dan raga di Alas Purwo Jungle Run lewat tagline kegiatan yang diusung yaitu “You Run, You Healed” yang juga menjadi tagline nasional rangkaian HKAN.

“Yang membedakan event lari di TNAP dengan titik lainnya di seluruh Indonesia adalah variasi rute dan acara dilengkapi berbagai aksi konservasi, diantaranya pelepasan tukik sebanyak 1.500 ekor dan pembagian bibit tanaman Mulai Purpose Tree Species (MPTS), “ terang Novita.

Selin itu, APJR yang ditargetkan diikuti seribu peserta yang terbagi dalam dua kategori rute open di 6 kilometer dan 12 kilometer, panitia menyiapkan beragam hadiah menarik di antaranya merchandise jersey, goodie bag dan hadiah lainnya dengan total mencapai Rp 50 juta.

Ditambahkan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Tegaldlimo selaku sebagai Ketua Lapangan APJR 2024, Noviyani Utami, TNAP telah melakukan kesiapan dari segala sisi termasuk keamanan rute yang dilewati pelari.

“Pengamanan pelari menjadi concern kami. Rute sudah diuji coba dan kami juga menyiapkan marshall yang melibatkan polhut dan mitra polhut,” ujar Noviyani.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti APJR, akses informasi dan pendaftaran dibuka untuk umum hingga tiga minggu ke depan melalui laman pendaftaran www.alaspurwojunglerun.com dan instagram @alaspurwo.junglerun.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono