Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Exit Tol Pemalang Jadi Titik Rawan Macet Mudik Lebaran 2022

PEMALANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Pemalang, Jawa Tengah, memprediksikan dua titik rawan kemacetan pada arus mudik Lebaran 2022.

Kedua titik tersebut ada di Pintu Tol Pemalang dan Jalan DI Panjaitan sebagai jalur utama para pemudik dari jalur utara menuju selatan.

“Kita sampaikan dalam rapat kordinasi (Rakor) lintas institusi penangan arus mudik 2022 tadi pagi di Mapolres.

Ada tingkat jenuh dari para pemudik saat berada di Tol dan kemungkinan orang akan keluar di exit Tol Pemalang. Termasuk jika penerapan ganjil-genap dan sistem satu arah (one way) jadi dilakukan,” ungkap Kepala Seksi Lalu Lintas Dishub Pemalang, Indra (20/4/2022).

Dikatakan, untuk jalan DI Panjaitan kemacetan kemungkinan terjadi dikarenakan ada taman pembatas jalan.

Jalur tersebut kemungkinan akan menjadi padat karena merupakan jalur utama dari Pantura menuju wilayah Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap.

“Dari Dishub Pemalang menerjunkan kurang lebih 195 personel bersama personil TNI-Polri. Penangan arus mudik tahun ini lebih ditingkatkan karena prediksinya akan lebih membludak dikarenakan dua tahun sebelumnya ada larangan mudik akibat pandemi,” kata Indra.

Lebih lanjut, upaya Dishub lainnya jika terjadi kemacetan di jalur Pantura yakni mengarahkan pemudik melalui jalur-jalur alternatif dengan papan penunjuk arah portabel.

“Khusus di dalam kota ada rekayasa lalin dengan penutupan beberapa ruas jalan, namun itu sifatnya situasional,” sebutnya.

Sedangkan untuk keamanan dan pelayanan dibuka tiga posko Pengamanan Lebaran di beberapa titik.

“Posko Gandulan, posko Alun-alun, dan posko Randudongkal. Kita berikan fasilitas tempat istirahat dan pelayanan kesehatan di sana,” kata Indra.

Dari data Dishub Pemalang diprediksikan ada 14 juta pemudik yang masuk ke Jawa Tengah. Dan ada 23 juta mobil serta 17 juta motor yang melintas selama arus mudik dari Jabodetabek ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.