Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Jelajah

Forkopimda Batang Pantau Langsung Jalanya Pungut Suara Pilkades Serentak

Batang – Forkopimda Batang melaksanakan pemantauan langsung Pilkades Serentak di Desa Cepokokuning Kecamatan Batang dan Kalibeluk Kecamatan Warungasem.

Terlihat antusiasme warga tinggi di masing-masing TPS ingin menggunakan hak pilihnya.

Melihat hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengapresiasi karena telah menggunakan hak pilih sebaik-baiknya.

“Hasil pemantauan hari ini di dua desa tersebut, aman semuanya terkendali. Protokol kesehatannya pun dilaksanakan sesuai ketentuan,” ungkapnya, saat meninjau pelaksanaan Pilkades Serentak, di Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Minggu (29/5/2022).

Masyarakat yang memiliki hak pilihnya pun hadir langsung sesuai undangan.

“Bahkan ada di antara mereka, bagi yang sedang sakit tetap dapat memberikan hak suaranya dengan dibantu petugas yang datang langsung ke rumah. Bagi yang masih bisa datang langsung, namun sulit berjalan, petugas ikut menggendong,” bebernya.

Terkait ada pihak panitia Pilkades yang memberikan hadiah bagi warga yang telah menggunakan hak pilihnya, Lani Dwi Rejeki tak mempermasalahkan hal itu.

“Itu sebuah inovasi dan kreasi dari masing-masing desa, untuk daya tarik warga agar bersemangat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Ia berharap, dengan beragam inovasi, Pilkades tetap berjalan dengan tertib dan aman.

“Masyarakat tidak berlebihan dalam menyambut Pilkades ini. Tidak ada politik uang dalam pelaksanaannya,” tegasnya.

Ia menambahkan, munculnya pasar tiban atau pasar tumpah, justru itu membuktikan bahwa warga sangat antusias dalam menyambut Pilkades, dengan hadir langsung.

“Ini dampak ekonomi yang muncul dari digelarnya Pilkades. Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk menghidupkan roda perekonomian daerahnya,” ujarnya.

Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto mengatakan, petugas Polres Batang, bersama petugas gabungan dari Brimob dan Kodim 0736/Batang tetap melakukan tugasnya, agar Pilkades berjalan lancar.

“Penekanan pemerintah kontestasi Pilkades dapat berjalan di tengah pandemi tentunya dengan prokes. Yang penting roda perekonomian bisa berjalan, masyarakat di sekitar TPS tetap tenang, jangan mudah terprovokasi ketika ada oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan situasi itu,” imbaunya.

Ia memastikan, dengan kehadiran para petugas pengamanan yang jumlahnya cukup banyak, nantinya bisa menghalau ketika ada suatu hal yang tidak diinginkan.