November 27, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Ganjar Pastikan Tol Semarang-Demak Mulai Beroperasi Pada Libur Nataru

DEMAK – Pembangunan proyek tol Semarang – Demak seksi 2 Sayung – Demak telah mencapai 98 persen. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang meninjau langsung pembangunan menyebut, masih ada tahap uji coba yang harus dilakukan sebelum tol dibuka pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) mendatang.

“Kita mau tes dulu, fisiknya sih sudah jadi tapi masih harus ada tahapan uji coba. Ini harapan yang ditunggu-tunggu sebenarnya dari masyarakat di Sayung dan sekitarnya, jadi antara Semarang – Demak,” ujar Ganjar di Gerbang Tol Sayung.

Ganjar menjelaskan, tol Semarang – Demak juga terintegrasi dengan tanggul laut. Diharapkan, dengan adanya tol ini permasalahan banjir rob khususnya di Semarang Timur atau jalur Kaligawe – Sayung bisa teratasi.

“Lalu juga terkait dengan rob ya karena nanti akan ada tanggul yang dibuat. Tanggulnya kemarin uji coba dengan konstruksi yang didesain anak-anak bangsa ini, rasanya sampai hari ini cukup berhasil,” jelas Ganjar.

Tol yang memiliki panjang 16,31 km itu menelan biaya investasi Rp5,4 triliun dan biaya konstruksi senilai Rp4,3 triliun. Ganjar pun mendorong adanya upaya percepatan agar masyarakat bisa segera merasakan manfaatnya.

Ganjar juga menginginkan ketika dibuka pada Nataru besok, masyarakat yang melintasi tol tersebut belum dikenakan biaya.

“Nataru mungkin sudah bisa digunakan meskipun uji coba. Mungkin belum bayar juga nanti ya dan sekarang sudah mulai kelihatan,” sambung Ganjar.

Terakhir Ganjar mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah bersedia memberikan lahannya untuk pembangunan tol Semarang – Demak.

“Tentu saya terima kasih sekali dari warga yang sudah mau mengorbankan lahannya, tapi yang belum kita minta bantuan dan dukungannya agar komunikasinya baik dan akan jadi manfaat untuk semuanya,” ungkap Ganjar.