November 30, 2022
Jawa Tengah
Berita Headlines

Gelar Apel Pengamanan, Bupati Ajak Semua Elemen Wujudkan Pilkades Berintegritas

 DEMAK – Lama dinanti, Pilkades serentak di 182 desa di Kabupaten Demak kini di depan mata. Demi lancar dan amannya pesta demokrasi di tingkat desa itu, pada H-1 pungutan suara, Pemkab berkoordinasi Polres Demak menggelar apel pasukan pengamanan Pilkades Gelombang I tahun 2022, Sabtu (15/10).

Saat memimpin gelar apel pasukan pengamanan pilkades, Bupati Demak dr Hj Eisti’anah menyampaikan, kegiatan yang berlangsung di Alun-alun Simpang Enam Demak itu dalam rangka mengecek kesiapan dan kesiap-siagaan dalam rangka meningkatkan sinergisitas mewujudkan situasi kamtibmas. Di tengah proses demokrasi tak jarang muncul isu negatif yang berpotensi memecah belah persatuan.

Terlebih kontestasi lima tahunan yang dijadwalkan pungutan suaranya pada 16 Oktober 2022 itu adalah pilkades terbanyak dan terbesar se-Indonesia. Tak dipungkiri potensi konflik pun dikhawatirkan muncul. Demi terwujudnya kondusifitas dan kamtibmas, Bupati Eisti’anah wanti-wanti pengamanan dilaksanakan tegas namun tetap humanis.

“Mari bersama kita maksimalkan peran demi terwujudnya kamtibmas, dengan tingkatkan peran dan fungsi masing-masing. Tindak tegas pelanggaran tapi tetap humanis, dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi,” kata bupati.

Hadir pada gelar apel pengamanan Pilkades Gelombang I tahun 2022 yang diikuti 6.997 personel gabungan tersebut Kapolres AKBP Budi Adhy Buono, Dandim 0716/ Demak Letkol Czi Pribadi Setyo Pratama dan Wakil Ketua DPRD Demak H Maskuri. Di samping Pj Sekda H Eko Pringgolaksito, Kepala Dinpermades P2KB Kabupaten Demak H Taufik Rifai, Kepala Satpol PP H Muhammad Ridhodin dan Kepala Kesbangpol Linmas H Fatkhurrohman.

Bupati berharap semua elemen yang terlibat juga masyarakat turut menjaga pesta demokrasi di tingkat desa itu terjaga integritasnya. Sehingga terpilih para pemimpin yang berkualitas, amanah, mampu mengayomi masyarakat dan memajukan desa dengan pembangunan-pembangunan.

“Mari bersama jaga kerukunan, keharmonisan dan kondusifitas wilayah.  Bekerja koordinatif dan kolaboratif, demi Demak lebih bermartabat maju sejahtera. Mari sukseskan pilkades tanpa ekses,” seru bupati.

Level pengamanan

Di sisi lain, Kapolres Budi Adhy Buono menambahkan, dalam pengamanan Polres Demak di-backup pengamana dari Polda Jateng dan Brimob, di samping dukungan pasukan dari Polres Jepara, Grobogan dan Kudus. Serta bantuan pengamanan dari Kodim juga Satpol PP dan linmas. Terlebih berdasarkan peta kerawanan terdapat 11 desa terdeteksi rawan konflik.

“Sistem pengamanan akan kami lakukan berdasarkan level kerawanan. Yakni sangat rawan, rawan dan kurang rawan,” kata Kapolres.

Dengan formasi pengamanan berdasarkan level kerawanan tersebut, diyakini pilkades serentak  di 182 desa berlangsung aman terkendali. Sehingga potensi konflik bisa ditekan.