Banjarnegara – Polres Banjarnegara memperketat pengamanan tempat pariwisata pasca lebaran 1445 Hijriyah, hal itu dilakukan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas dan tindak kejahatan di obyek wisata yang tersebar di Wilayah Banjarnegara, Kamis (11/4/2024).

Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso, SH, SIK, MH mengatakan, sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445 H pengamanan difokuskan pada arus mudik, tempat ibadah, pasar dan terminal, sedangkan mulai H+1 lebaran pihaknya lebih memperketat pengaman di obyek pariwisata.

“Personel Polres maupun Polsek kita libatkan, yang tidak tercover anggota Polres dilaksanakan Polsek jajaran di masing-masing wilayah yang ada tempat wisata,” katanya di Mapolres Banjarnegara.

Ia menuturkan, kegiatan pengamanan ini juga dalam rangka mensukseskan Operasi Ketupat Candi 2024, dimana operasi ini dilaksanakan secara terpusat untuk pengamanan mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dengan tema mudik ceria, mudik penuh makna.

“Operasi ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 4 sampai 16 April 2024 dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif yang didukung kegiatan penegakan hukum, humas dan bantuan operasi.

Ia menambahkan, personel gabungan dari TNI, Polri, pemda dan relawan yang ada di Banjarnegara siap dalam pengamanan sehingga rangkaian kegiatan masyarakat, baik beribadah, mudik dan berwisata dapat berjalan dengan aman, nyaman dan kondusif.

“233 Personel Polri, 20 TNI, dan 68 instansi terkait operasi ini dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas dan kamseltibcar lantas yang kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dapat dalam menjalankan ibadah puasa, mudik lebaran dan merayakan idul fitri,” tandasnya.

Ia mengungkapkan, tempat wisata yang diperketat pengamananya diantaranya, Obyek Dataran Tinggi Dieng, Wisata Serulingmas, Surya Yudha Park, The Pikas, Tikako, Wisata Tampomas, Curuh Pletuk Pagedongan, Curug Pitu Sigaluh dan Wisata Pawedenan.

“Personel kita terjunkan untuk melakukan pengamanan pusat keramaian, melaksanakan tindakan awal apabila terjadi sesuatu,” ujarnya.

Selain itu, juga mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan di lokasi wisata, apabila ada kemacetan, maka petugas akan melakukan rekayasa lalu lintas.

“Kami mengimbau masyarakat saat berwisata tetap waspada tindak kejatan dan tetap aturi Peraturan lalu lintas,” pungkasnya.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama