TEMANGGUNG – Seribuan trabaser ikuti Trabas Kamtibmas bersama Kapolda Jawa Tengah 2024 yang digelar Polres Temanggung, Minggu (14/7/2024).

Star dan finish olah raga ekstrim ini di obyek wisata Bejen Fruit Garden. Sementara jalur trabas selain di obyek wisata tersebut juga menyusuri hutan Perhutani.

Sejumlah trabaser ditantang untuk menunjukkan kemampuan. Begitu star langsung harus melewati tanjakang terasiring, sejumlah trabaser jatuh terguling, dan ada pula yang rusak sehingga harus terhenti.

Panitia menyiapkan hadiah hingga sepuluh juta rupiah bagi trabaser yang bisa melewati tanjakan kapolda. Tanjakan ini tinggi ekstrim dengan kemiringan sekitar 50 derajat. Sejumlah tanjakan penuh tantangan juga disiapkan bagi trabaser.

Sebelum pemberangkatan yang dilepas Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo, diserahkan bantuan sosial berupa sembako pada warga sekitar yang membutuhkna.

Kapolres Temanggung AKBP Ary Sudrajat mengatakan trabas sebagai kegiatan tahunan yang bekerja sama dengan penggemar trail khususnya di kawasan Temanggung dan sekitar eksKaresidenan Kedu.

“Kegiatan ini untuk peringati hari Bhayangkara dan sebagai wahana kumpul bersama terutama menjaga kamtibmas di Kabupaten Temanggung,” ungkap Ary Sudrajat.

Dikatakan kegiatan juga sebagai ajang promosi wisata dan tradisi budaya Temanggung. Trabaser saat melewati desa-desa diharapkan bisa melihat dan mengenal keindahan alam, yang nanti diceritakan pada masyarakat luar Temanggung.

“Maka itu kami undang penggemar dan komunitas trail dari luar daerah untuk ikut, nanti mereka akan promosi Temanggung,” imbuh Ary.

Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menyampaikan apresiasi pada Polres Temanggung yang menggelar trabas. Dampak kegiatan dinilai sangat baik yakni untuk memperkenalkan alam Temanggung yang indah.

“Saya yakin seluruh melalui trabas ini Temanggung terutama obyek wisatanya akan semakin dikenal keluar daerah, minimal di Jawa Tengah,” pungkas Hary, sembari menyampaikan trabas juga punya menjunjung kemanusiaan dengan bakti sosial pembagian sembako pada warga kurang mampu.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia