Jakarta: Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Fadil Imran mengecek kondisi di Jawa Tengah (Jateng). Fadil ingin memastikan kesiapan personel Polda Jateng untuk pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang tinggal 7 hari lagi.

Fadil menghadiri acara apel kesiapan personel dan peralatan dalam rangka asistensi dan supervisi Pengendalian Massa Nusantara di lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jateng. Ratusan personel Polda Jateng menunjukkan kesiapannya melalui penggelaran kelengkapan serta peragaan pengamanan yang melibatkan berbagai perlengkapan canggih, termasuk penggunaan helikopter.

“Secara umum kesiapan yang ada juga sudah siap untuk mengamankan pemilu, bahkan bila terjadi peningkatan eskalasi,” kata Fadil dalam keterangan tertulis, Selasa, 6 Februari 2024.

Kabaharkam menuturkan fungsi Sabhara melaksanakan tugas-tugas preventif dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 meliputi pengawalan dan pengamanan logistik pemilu, sterilisasi kegiatan, pengaturan, penjagaan, dan patroli mencegah berbagai gangguan Kamtibmas.

Menurut dia, Polri bertanggung jawab menghilangkan berbagai kekhawatiran masyarakat saat hendak hadir di tempat pemungutan suara (TPS).

Mantan Kapolda Metro Jaya ini optimistis jajarannya siap mengemban tanggung jawab tersebut. “Jajaran Sabhara secara nasional juga sudah siap mengamankan tahapan inti pemilu,” ujar jenderal bintang tiga itu.

Terkait gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pencoblosan, dia menyebut berdasarkan data yang diterima, penyebaran konten hoaks cenderung menurun secara kuantitas. Namun, masih ada beberapa kasus yang membutuhkan perhatian.

“Polri menggelar sejumlah operasi termasuk upaya cooling system dalam mengamankan Pemilu 2024. Semuanya berjalan dengan baik dan kita harapkan tahapan-tahapan pemilu yang tengah berlangsung, semua juga berjalan lancar, insyaallah,” ujar dia.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono