Berita

Hampir Sebulan, Banjir Masih Rendam Sejumlah Desa di Pati

Pati – Hampir satu bulan banjir yang terjadi di Desa Banjarsari Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati belum sepenuhnya surut. Sampai saat ini banjir masih merendam alan-jalan di permukiman. Sehingga warga harus menggunakan perahu untuk beraktivitas.

Pantauan di lokasi, Jumat (20/1/2023) genangan banjir masih merendam jalan permukiman warga. Ketinggian air bervariasi, mulai 30 sampai 40 sentimeter.

Terlihat sejumlah warga menggunakan perahu saat beraktivitas. Sedangkan kendaraan mereka terparkir di jalan menuju desa yang tidak terendam banjir.

Rumah warga yang lantainya tinggi sudah tidak kemasukan air. Sementara rumah warga yang lantainya rendah masih terendam banjir.

Salah seorang warga, Rusmi (50), mengatakan banjir di desanya berangsur surut. Menurutnya ketinggian banjir sempat di atas 1 meter. Kini genangan banjir tinggal di jalanan permukiman warga.

“Kalau ini sudah surut, kalau kemarin sampai setengah rumah. Ini sudah surut banyak, mulai bisa beraktivitas. Kemarin blas (tidak bisa sama sekali), kalau tidak dikirim tidak bisa makan,” jelas Rusmi kepada detikJateng di lokasi, Jumat (20/1/2023).

Dia mengatakan banjir di desanya terjadi hampir sebulan lamanya. Menurutnya warga beraktivitas menggunakan perahu. Rusmi berharap agar banjir di desanya segera surut.

“Bantuan masih ada tadi pagi, tapi tidak sering kayak kemarin. Ini sudah tiga minggu hampir sebulan,” ujarnya.

Warga lainnya Sutaji mengaku terpaksa memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan yang tidak kebanjiran. Setelah itu dia berjalan menuju rumahnya. Sebab jalan desanya masih terendam banjir.

Kondisi tersebut kata dia sudah berlangsung tiga minggu lebih. Menurutnya banjir tersebut berangsur surut.

“Sudah tiga minggu, sudah mulai surut. Jalan desa masih terendam, sebagian mulai surut, sekitar 40 sentimeter,” ujarnya.

Menurutnya rumah warga yang pinggir sungai dan lantainya rendah masih terendam banjir. Sebab wilayahnya merupakan banjir kiriman dari wilayah barat.

“Kalau yang lantai rumahnya rendah masih kebanjiran, kalau yang tinggi sudah tidak, lumayan surut banyak,” ungkap Sutaji.

Dari data yang dihimpun detikJateng wilayah Pati yang masih kebanjiran di Desa Kasiyan Kecamatan Sukolilo. Lalu Desa Banjarsari dan Mintobasuki Kecamatan Gabus.

Berikutnya Desa Karangrowo, Ngastorejo Kecamatan Jakenan. Serta ada belasan desa di Juwana yang masih terendam banjir.

#Polrestabes Semarang, #Polres Rembang, #Polres Demak, #Polres Pati, #Polres Banjarnegara, #Polres Semarang, #Polres Batang, #Polres Pangandaran, #Polres Mempawah, #Pemkab Banjarnegara, #Kabupaten Banjarnegara, #Banjarnegara, #Polda Jateng, #Polda Kalbar, #Polda Jabar, #Hendri Yulianto, #Budi Adhy Buono, #Irwan Anwar, #Dandy Ario Yustiawan, #Kapolres Sintang, #AKBP Tommy Ferdian

Related Posts

1 of 22,051