BeritaWawancara

Hasil Karya Perajin Pemalang Mejeng di Inacraft 2022

Pemalang – Sejumlah hasil karya perajin Pemalang dipamerkan di ajang Expo Inacraft on October 2022 yang diadakan di Jakarta Convention Centre (JCC), 26 – 30 Oktober 2022.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pemalang, Shanti Rosalia mengungkapkan, keikutsertaan ini merupakan yang kedua kalinya pada tahun 2022.

“Ini pameran kedua kalinya, dan kemarin (pameran sebelumnya) alhamdulillah responnya bagus. Jadi, kita ikut lagi,” ungkapnya saat ditemui di usai seremoni pembukaan Expo Inacraft on October 2022, Rabu (26/10/2022).

Lebih lanjut, pada pameran yang dibuka oleh Menparekraf Sandiaga Uno tersebut, pihaknya menampilkan kerajinan dari limbah bambu dan kayu jati, kain goyor batik, dan berbagai asesoris.

Produk-produk tersebut, menurutnya, cukup diminati para pengunjung pameran.

“Peminat lebih banyak dari luar negeri. Mereka suka yang unik-unik makanya kita bawa yang punya ciri khas. Wisatawan dari luar negeri sangat apresiasi dengan hasil kerajinan kita,” katanya dengan bangga.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Pemalang Mansur Hidayat, mengungkapkan harapannya agar semakin banyak warga Pemalang yang dapat menampilkan hasil karyanya dalam pameran-pameran sejenis.

“Harapannya, ke depan insan-insan Pemalang ada yang bisa menampilkan kreasi yang lain, sehingga bisa kita pamerkan baik di Inacraft atau event lain,” harapnya.

Sementara itu, salah satu perajin asal Desa Pulosari yang karyanya turut dipamerkan, Iwang, mengatakan, Inacraf Expo sangat bermanfaat dalam mempromosikan kerajinan UMKM. Ia berharap, berbagai kerajinan asal Pemalang semakin dikenal oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian para perajin.

Related Posts

1 of 22,092