Solo – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda) Jawa Tengah resmi mengalami pergantian yaitu Komjen Pol Drs Ahmad Luthfi, SH, SstMK yang digantikan oleh Irjen Pol Dr Ribut Hari Wibowo, SH, SIK, MH. Berikut akan dipaparkan secara singkat mengenai profil Irjen Pol Ribut Hari Wibowo.

Merujuk dari laman resmi Humas Polri, dikatakan bahwa telah berlangsung upacara serah terima jabatan (Sertijab) kepada para kapolda yang baru pada (29/7/2024) kemarin. Melalui kesempatan ini, diketahui jabatan kapolda yang mengalami rotasi. Salah satu sosok yang mengalami pergantian jabatan adalah Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo yang dipercaya untuk mengemban jabatan sebagai Kapolda Jateng menggantikan Komjen Pol Drs Ahmad Luthfi, SH, SstMK.

Lantas seperti apa profil Irjen Pol Ribut Hari Wibowo sebagai Kapolda Jateng baru? Berikut uraian informasinya.

Profil Irjen Pol Ribut Hari Wibowo

Masih merujuk pada sumber yang sama, dijelaskan mengenai Irjen Pol Ribut Hari Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Binkar) SSDM Polri. Keputusan mutasi yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/1554/VII/KEP/2024 tertanggal (26/7/2024) ini diharapkan dapat memberikan penyegaran sekaligus peningkatan efektivitas kinerja di dalam tubuh POLRI.

Sementara itu, dikutip dari publikasi ‘Data Personel yang Menempati Jabatan Sesuai Standart Kompetensi’ yang dibagikan secara resmi oleh Biro SDM Polda Jateng, dapat diketahui mengenai riwayat dikpol Irjen Pol Ribut Hari Wibowo. Berikut uraian singkat mengenai dikpol Irjen Pol Ribut Hari Wibowo:

Selain riwayat dikpol, terdapat riwayat dikjur yang disampaikan dalam publikasi tersebut. Berikut riwayat dikjur Irjen Pol Ribut Hari Wibowo:

PA LANTAS (1997)
KIBI ELEMENTARY (1997)
KIBI ADVANCE (1999)
ASSESSMENT KAPOLRES (2013)
ASSESSMENT KAPOLRES 2013 (2013)
Perjalanan Karier Irjen Pol Ribut Hari Wibowo
Lantas bagaimana perjalanan karier Irjen Pol Ribut Hari Wibowo sebelumnya akhirnya dipercaya untuk mengemban amanat sebagai Kapolda Jateng? Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Irjen Pol Ribut Hari Wibowo pernah mengemban jabatan sebagai Karo Binkar SSDM Polri. Beberapa tahun sebelumnya, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo juga pernah ditunjuk sebagai Kapolresta Surakarta.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan dalam laman resmi Pemerintah Kota Surakarta, bahwa di bulan Maret 2018 silam Kapolres Surakarta AKBP Ribut Hari Wibowo pernah memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi perekrutan anggota POLRI.

Pada kesempatan yang lain, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolresta Surakarta juga hadir sebagai inspektur upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-74 di tahun 2019. Informasi ini juga tercantum dalam laman resmi Pemerintah Kota Surakarta.

Demikian tadi rangkuman informasi mengenai profil Irjen Pol Ribut Hari Wibowo yang ditunjuk sebagai Kapolda Jateng baru.

sumber:  detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo