Oktober 8, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Headlines Indepth Jelajah Wawancara

Ini Sosok 9 Besar Kandidat Penerima Hoegeng Awards 2022

Jakarta – Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 sudah tuntas memilih 9 besar kandidat penerima Hoegeng Awards 2022 dalam rapat ketiga. Rapat berlangsung dinamis, sesekali diwarnai perdebatan konstruktif, hingga akhirnya terpilih 3 besar untuk tiap kategori, yaitu Polisi Berintegritas, Polisi Inovatif, dan Polisi Berdedikasi.

Rapat ketiga Dewan Pakar Hoegeng Awards digelar di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2022). Agenda ini digelar secara hybrid.

Tiga anggota Dewan Pakar yang hadir di lokasi, yakni Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mochammad Choirul Anam, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia yang juga Ketua PBNU Alissa Qotrunnada Wahid, serta Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova Ginting.

Anggota Dewan Pakar lainnya mengikuti rapat secara virtual. Mereka adalah Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto yang didampingi Komisioner Kompolnas Poengky Indarti melalui zoom terpisah, serta Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.

Seperti disampaikan sebelumnya, sesekali terjadi perdebatan konstruktif dalam rapat tersebut, terutama saat memilih tiga nama dalam kategori polisi berintegritas. Meski demikian, suasana penuh keakraban tetap hadir dalam perdebatan tersebut.
Alissa mengakui Dewan Pakar memang cukup sulit menentukan tiga besar di kategori polisi berintegritas. Dia mengatakan berintegritas sendiri artinya telah mendekati sempurna.

“Tentu yang paling susah itu adalah kategori polisi berintegritas. Karena kita yang namanya mendengar kata integritas itu kan komprehensif dan sudah mendekati sempurna. Nah, itu beratnya di situ sih. Karena hampir tidak ada orang yang sempurna. Pasti punya beberapa kesalahan, punya beberapa kelemahan. Nah bagian yang paling sulit adalah polisi berintegritas,” kata Alissa saat diwawancarai seusai rapat ke-3 Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022.

Hal senada dikatakan anggota Dewan Pakar lainnya, Choirul Anam. Dia menyebut memang paling susah menetapkan tiga kandidat dari kategori polisi berintegritas. Perdebatan di antara Dewan Pakar berlangsung cukup panjang. Semua menaruh perhatian penuh untuk mendapatkan sosok yang tepat.

“Nah dari tiga kategori integritas, inovasi, dan dedikasi, yang paling susah memang integritas. Catatannya banyak, diskusinya mendalam, dan itu yang membikin kita memang agak susah. Terutama juga soal kehati-hatian, ini bener nggak sesuai dengan informasinya dan sebagainya,” ujar Anam.

“Tapi salah satu yang paling penting adalah layer formal. Misalnya, yang berintegritas punya nggak sih LHKPN-nya. Kalau dia sebagai pejabat, ya, harus punya kewajiban LHKPN. Nah, LHKPN itu secara formal dia adalah layer paling standar minimum dia berintegritas atau tidak. Karena dia harus berani menyampaikan pemasukannya, harta bendanya, dan sebagainya,” tambahnya.

Anam juga menegaskan terkait tiga kandidat dari masing-masing kategori Hoegeng Awards 2022 yang dipilih. Ketiganya dipilih bukan berdasarkan urutan dari peringkat pertama hingga ketiga.

“Nah nanti kita memang tulis ada tiga orang ya. Tiga orang itu bukan berarti urutan. Kalau kita tulis nomor satu si A, nomor dua si B, nomor tiga si C misalnya untuk masing-masing kategori itu buka urutan. Itu sekadar penomoran,” terangnya.

Lebih lanjut, Anam menyampaikan bahwa selain tiga kandidat dari tiap kategori, bukan berarti tidak baik. Namun Dewan Pakar memilih di antara orang-orang baik.

“Memilih tiga di antara sepuluh itu memang sebenarnya tipis-tipis gitu, yang satu dengan yang lain tipis-tipis. Bukan berarti yang nggak kita pilih dari sepuluh menjadi tiga tidak baik. Tapi ini kita memilih yang terbaik di antara orang baik,” ungkapnya.

Agenda Hoegeng Awards 2022 selanjutnya adalah uji publik. Profil para kandidat penerima Hoegeng Awards 2022 akan ditampilkan dalam bentuk artikel dan video. Publik diharapkan bisa memberi masukan informasi mengenai sisi positif maupun sisi negatif para kandidat Hoegeng Awards 2022. Masukan bisa dikirim ke email [email protected] dengan subjek Hoegeng Awards 2022. Redaksi menjamin kerahasiaan identitas pembaca detikcom yang mengirimkan masukan tersebut.

Dari hasil rapat ke-3 Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022, berikut ini tiga nama anggota kepolisian yang terpilih dari tiap kategori:

Polisi Berintegritas

1. Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus
2. Anggota Satlantas Polres Gresik Aiptu Jailani
3. Kabag Reformasi Birokrasi Polri Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) AKBP Irene Ayu Anggraini

Polisi Inovatif

1. Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto
2. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran
3. Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin

Polisi Berdedikasi

1. Anggota Satuan Polair Polres Lampung Selatan Aipda Agung Gede Asmarajaya
2. Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah
3. Anggota Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Ipda Purwanto