BANYUWANGI – Petik Laut pesisir pantai Rajegwesi merupakan tradisi masyarakat pesisir Pesanggaran sebagai wujud syukur atas hasil laut yang mereka dapatkan selama satu tahun, yang digelar rutin tiap satu suro penanggalan baru Jawa. Senin (5/8/2024).

Dalam rangka menyukseskan kegiatan tersebut, Satpolairud Polresta Banyuwangi bersama instansi terkait melaksanakan giat pengamanan disekitar pesisir pantai dan di tengah laut.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi AKP. I Nyoman Ardita, S.H., M.H. melalui Kanit Pos Pancer Bripka Ady Dwi Waluyo mengatakan giat pengamanan yang dilaksanakan bersama Kanit Pos Blimbingsari Bripka Romi Eka Pranata dan Anggota Gakkum Briptu Bintang Wiratama guna memberikan rasa aman kepada masyarakat pengunjung dan panitia penyelenggara.

Pada kesempatan tersebut, Bripka Ady Dwi Waluyo menambahkan kegiatan petik laut yang dilaksanakan oleh masyarakat pesisir pantai Rajegwesi dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Minggu sampai Selasa sebagai puncak acara dan Larung sesaji ditengah laut untuk memohon berkah dan keselamatan sekaligus ungkapan terima kasih kepada Tuhan.

Lebih lanjut, Dari keterangan yang diterima dari panitia penyelenggara, Bripka Ady Dwi Waluyo mengungkapkan kegiatan petik laut yang diselenggarakan oleh masyarakat pesisir sebagai rasa ucapan syukur dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya para nelayan yang melaut diberikan rezeki yang melimpah serta keselamatan saat pergi mencari ikan.

Harapannya dengan petik laut tersebut dapat menjaga kelestarian ekosistem laut serta mengandung berbagai nilai penting dalam kehidupan masyarakat, yaitu nilai gotong royong, sosial, estetika, dan religi.

sumber: suaraglobal

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono