LAMANDAU – Komando Distrik Militer (Kodim) 1017/Lamandau terus berupaya memperkuat ketahanan pangan melalui upaya budi daya tanaman buah dengan berkebun di lahan kosong atau lahan tidur sehingga menjadi lahan yang produktif.

Kapala Staf Kodim (Kasdim) 1017/Lamandau, Mayor Inf Muhammad syafi’I menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program unggulan KASAD yang bertujuan sebagai upaya penguatan ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi serta mewujudkan Pembinaan Teritorial (Binter).

Dia menerangkan, kegiatan penanaman buah melon tersebut dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah lahan kosong di sekitar Makodim 1017/Lamandau, Jalan Trans Kalimantan KM 03 Desa Kujan Kecamatan Bulik.

“Saat ini kami mencoba untuk membudidayakan buah melon. Adapun buah melon yang ditanam ada dua jenis, yaitu yang kuning Madesta dan untuk yang putih Alisa,” terang Kasdim di Nanga Bulik, Sabtu 20 Juli 2024.

Tidak hanya itu, Kasdim juga menyebut jika pihaknya akan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Dinas Pertanian dan para warga di daerah setempat. Ia berharap program itu bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Kita ingin membantu meningkatkan ketahanan pangan, khususnya di wilayah Kabupaten Lamandau,” ungkapnya.

Ia berharap pengembangan lahan kosong menjadi perkebunan ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat sekitar agar menciptakan ketahanan pangan keluarga di wilayahnya masing-masing dengan memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong.

Ketahanan pangan, terang dia, menjadi salah satu perhatian serius pemerintah, tidak terkecuali bagi Kodim 1017/Lamandau. Untuk itulah pihaknya berupaya turut mendorong peningkatan produksi pangan, termasuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki di kesatuan masing-masing, minimal untuk mendukung ketahanan pangan personel sendiri.

Dia pun terus mendorong para personelnya untuk memaksimalkan keberadaan lahan kosong yang dimiliki di lingkungan kantor maupun tempat tinggal menjadi lebih produktif dengan ditanami berbagai jenis sayuran maupun buah-buahan.

“Kita juga ingin para anggota Kodim 1017/Lamandau semakin produktif dan mandiri serta kuat ketahanan pangannya dengan memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif,” pungkasnya.

 

Polres Lamandau, Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono, Kabupaten Lamandau, Pemkab Lamandau, Lamandau, Kepolisian Resor Lamandau, Polisi Lamandau, Bronto Budiyono