BOYOLALI – Penyebab kebakaran pabrik garmen PT Hansol di Desa Randusari Kecamatan Teras, Boyolali masih dalam penyelidikan.

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng mendatangi TKP guna melakukan penyelidikan, Selasa (9/7/2024).

Sesampai di lokasi pabrik pukul 11.00 WIB, tim Labfor Polda Jateng didampingi Inafis Polres Boyolali langsung melakukan serangkaian olah TKP di dalam pabrik. Juga mengambil gambar di depan pabrik, terutama pada jaringan listrik yang masuk ke kompleks pabrik garmen itu.

Turut berada di lokasi kejadian, Kasat Reskrim Polres Boyolali Iptu Joko Purwadi dan Kapolsek Teras AKP Wahyudi, bersama sejumlah anggotanya.

Ditemui wartawan, Kasat Reskrim Polres Boyolali, Iptu Joko Purwadi mengatakan, pihaknya mendatangkan tim Labfor guna menyelidiki penyebab pasti kebakaran tersebut. Yaitu, untuk mengetahui sumber api penyebab kebakaran secara keilmuan.

“Intinya kita mendatangkan Labfor untuk mengetahui asal atau sumber api penyebab kebakaran. Hasilnya menunggu dari Labfor,” katanya.

Dia menjelaskan, tim Labfor melakukan olah TKP hingga pukul 13.00 WIB. Tim Labfor juga mengambil sejumlah sampel dibawa untuk diteliti lebih lanjut. Antara lain sampel jelaga dan sisa kebakaran.

“Penyebab pasti kebakaran itu saat ini masih dalam pendalaman Labfor.”

Menurutnya, petugas Polsek Teras juga telah meminta keterangan sejumlah saksi. Ada tiga orang saksi yang dimintai klarifikasi. Keterangan saksi bakal memperkuat penelitian dari Labfor terkait kejadian tersebut.

Disinggung terkait taksiran nilai kerugian materiil, Joko mengemukakan belum ada perhitungan pasti.

“Belum. Masih menunggu penghitungan dari pihak perusahaan,” ujarnya.

Seperti diberitakan, kebakaran melanda pabrik garmen PT Hansol di Desa Randusari Kecamatan Teras, Senin (8/7) siang. Amukan api membakar bagian packing. Api cepat membesar karena terdapat banyak barang mudah terbakar.

sumber: suaramerdeka

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia