Pulang Pisau – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, diwakili Irwasda Kombes Pol Benny Ganda Sudjana, S.I.K., M.H., M.M. memimpin upacara pembukaan pendidikan pembentukan (Diktuk) Bintara Polri gelombang II T.A 2024, bertempat di Lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda setempat, Senin (22/07/2024) pagi.

Hadir dalam upacara tersebut, Karo SDM Polda Kalteng Kombes Pol Ivan Adhtyas Nugraha, S.IK., M.Si. , Ka SPN dan sejumlah pejabat utama Polda, serta diikuti para Gadik, Instruktur dan 394 siswa yang akan menjalani pendidikan.

“Siswa Diktuk BA Polri Gelombang II T.A 2024 sebanyak 394 orang siswa dari masing-masing wilayah yang ada di Kalimantan Tengah , para Siswa Diktuk BA Polri Gelombang II T.A 2024 akan melaksanakan pendidikan tatap muka di mako SPN Polda Kalteng selama 5 bulan di SPN Polda Kalteng ini”ujar Irwasda.

Pada kesempatan tersebut, Irwasda menyampaikan amanat dari Kalemdiklat Polri bahwa selama menjalani proses pendidikan, para siswa akan diberikan berbagai pengetahuan, keterampilan serta penguasaan teknis dan taktis profesi Kepolisian dasar hal ini sebagai bekal sebelum saudara diangkat dan dilantik menjadi anggota Polri.

“Selain itu para peserta didik juga akan diberikan berbagai pelatihan jasmani agar nantinya memiliki kualitas fisik yang prima serta mental kepribadian yang baik. Oleh karenanya ikuti seluruh aturan dan petunjuk serta arahan para gadik, instruktur dan pengasuh yang akan mendampingi kalian selama pendidikan,” ujarnya.

Benny mengatakan, program Diktuk Bintara dan Tamtama Polri pada tahun anggaran 2024 akan diselenggarakan dengan lama pendidikan 5 (lima) bulan yang dibuka pada hari ini secara serentak di Sepolwan, Lemdiklat Polri dan Sekolah Polisi Negara/SPN Polda jajaran.

Lebih lanjut, Irwasda juga berpesan kepada seluruh siswa agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan, mempersiapkan fisik dan mental serta patuhi seluruh peraturan dan hindari pelanggaran saat menjalani pendidikan.

“Selain itu, saya juga menekankan kepada seluruh siswa agar selalu mempunyai sikap disiplin, penuh semangat, tekad dan motivasi yang tinggi untuk belajar, berlatih dan menempa diri saat menjalani pendidikan,” harapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala SPN Polda Kalteng Kombes Pol Dharmeswara, S.I.K. menambahkan, adapun ke 394 siswa Diktukba Polri Gelombang II T.A 2024 ini akan menjalani pendidikan selama lima bulan.

“Selamat datang para siswa, ikuti dan jalani pendidikan dengan baik, jaga kesehatan serta hindari pelanggaran,” tutup Ka SPN

Sebagai informasi, diakhir upacara ditutup dengan rangkaian tradisi penyambutan para siswa oleh Irwasda dengan acara potong rambut, siram bunga dan peresmian nama Detasemen ‘Bhara Talawang Borneo’ sebagai nama angkatan Diktukba Polri Gelombang II T.A 2024.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng