SEMARANG – Ahli forensik kenamaan yang juga menjabat Kepala Bidang Dokter dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Jateng Kombes Sumy Hastry Purwanti dipindah tugaskan ke Mabes Polri.

Perempuan yang disebut sebagai Polwan pertama di Asia yang bergelar doktor forensik ini mendapatkan promosi jabatan baru sebagai Kabiddoksikes Rodokpol Pusdokkes Polri.

Jabatan Kabid Dokkes Polda Jateng yang kosong diisi Kombes Agustinus. Ia sebelumnya menjabat Kabagwasintern Rumah Sakit Bhayangkara tingkat I Pusdokkes Polri.

Dalam sambutannya, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mengatakan, mutasi jabatan merupakan penyegaran bagi suatu organisasi sehingga personel memperoleh ritme dan semangat baru dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Serah terima jabatan Kabid Dokkes, Mapolda Jateng, Kota Semarang, Selasa (20/2/2024).
Serah terima jabatan Kabid Dokkes, Mapolda Jateng, Kota Semarang, Selasa (20/2/2024). (istimewa)
“Diharapkan hadirnya drg. Agustinus M.H.T sebagai pejabat baru dapat membawa penyegaran dan mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi anggota Polda Jateng dan masyarakat,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun, Rabu (21/2/2024).

Mutasi dilaksanakan berdasarkan Skep Kapolri Nomor : Kep/120/I/2024 dan Kep/171/I/2024 tanggal 23 Januari 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri. Proses sertijab dilakukan di ruang kerja Kapolda, Mapolda Jateng, Kota Semarang, Selasa (20/2/2024).

Kapolda mengungkapkan, apresiasi tinggi atas kinerja yang ditunjukkan Kombes Sumy Hastry selama menjabat Kabiddokkes di Polda Jawa Tengah.

“Terima kasih atas dedikasi dan kinerja yang telah diberikan dokter Hastry selama bertugas di Jawa Tengah. Semoga amanah jabatan di tempat tugas yang baru membawa keberkahan dalam karier dinas,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun, Kombes Dr dr Hastry merupakan seorang polwan bergelar Doktor ahli Forensik pertama di Asia dan merupakan sosok yang sangat peduli dengan perlindungan perempuan dan anak, terutama korban kekerasan seksual.

Dokter Hastry juga sering menangani kasus-kasus besar di Indonesia bahkan Internasional, di antaranya : kejadian Pesawat MH17, kasus Bom Bali 1 dan 2, Kasus Pembunuhan di Subang, serta Kasus Pembunuhan berantai Dukun Slamet di Banjarnegara.

Perwira menengah Polri ini sudah mengemban tanggung jawab sebagai Kabiddokkes Polda Jateng sejak tahun 2021.

Sedangkan Kombes drg Agustinus memiliki segudang pengalaman dan pernah menjabat Kabbiddokkes di Polda Papua dan Polda Sumut.

Di bidang odontologi, dirinya turut berperan dalam pengungkapan identitas korban kecelakaan pesawat berdasar data rekaman/catatan gigi yang ditemukan pada korban.

Sejumlah kasus yang pernah ditanganinya diantaranya identifikasi korban kecelakaan Lion Air JT610 di lepas pantai Karawang pada 2018, pesawat perintis Twin Otter di Papua tahun 2019, serta jatuhnya Heli MI-17 di Pegunungan Bintan, Papua pada 2020.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono