Semarang – Pemerintah melakukan perbaikan jalan di Jalan Kaligawe Semarang atau jalur Pantura Semarang-Demak. Akibatnya, arus lalu lintas di simpang Genuk direkayasa.
Perbaikan jalan itu dilakukan di lampu merah pertigaan arah Jalan Woltermonginsidi, atau lebih dikenal dengan simpang Genuk. Perbaikan akan berlangsung hingga 22 Januari 2024.

“Jadi mulai kemarin di dekat traffic light Genuk masih ada 100 meter yang dibangun oleh pihak PUPR, yang dikerjakan duluan yang arah Semarang yang jalur cepat,” kata Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi di Simpang Lima, Jumat (5/1/2024).

Saat ini, pertigaan tersebut ditutup sehingga pengguna dari arah Terboyo yang ingin menuju Woltermonginsidi harus mengambil putar balik setelah jembatan perbatasan Semarang-Demak. Sedangkan untuk dari Jalan Woltermonginsidi menuju Demak harus lewat Jalan Ronggolawe.

“Masyarakat yang dari arah Terboyo ke Waltermonginsidi harus lurus dulu, muter balik setelah jembatan atau di Polytron, ada dua,” lanjutnya.

Sedangkan untuk dari arah Demak menuju Semarang masih bisa melintas di jalur yang belum diperbaiki. Untuk dua jalur tersebut diprediksi akan selesai kurang dari satu bulan.

“Itu kira-kira kurang satu bulan bisa tuntas di dua lajurnya,” tambahnya.

Pihaknya juga bakal menempatkan petugas di jalur tersebut. Bila dibutuhkan rekayasa lalu lintas lanjutan akan dilakukan secara situasional.

“Ada tim Polrestabes dan Polsek Genuk akan memantau lalu lintas di situ. Kalau memang perlu rekayasa-rekayasa akan kita lakukan tapi kami imbau masyarakat untuk menghindari jalan itu,” kata Yunaldi.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng