BeritaCurrent IssueHeadlinesIndepthJelajahWawancara

Jalur Pantura Demak Banjir Rob, Kapolres Demak Himbau Pemudik Bersabar dan Berhati-Hati

DEMAK – Laju kendaraan pemudik mengalami ketersendatan di jalur pantura Demak, Jumat (29/4/2022) sore. Ketersendatan ini akibat banjir rob merendam wilayah tersebut.

Dari pantauan di lapangan, rob yang menggenangi jalan pantura kawasan Desa Sidogemah Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak menyebabkan antrean kendaraan sepanjang 2 kilometer.

Meski debit banjir hanya setinggi antara 20 cm sampai 40 sentimeter, namun memaksa para pengendara yang melintas harus mengurangi kecepatan.

Genangan banjir rob terjadi pada jalur nasional di ruas jalan KM 7 arah Semarang-Demak. Banjir terjadi akibat limpasan rob dari Sungai Playaran yang mengalami pendangkalan.

Menurut warga, banjir rob di jalan pantura kali ini telah bergeser. “Semula masuk di kawasan Desa Sriwulan, sekarang bergeser ke wilayah Desa Sidogemah,” ujar Sigit.

Warga menduga debit banjir yang tidak kunjung surut akibat sungai pelayaran dihurug oleh proyek tol.

“Kami meminta para pemudik untuk lebih bersabar saat melintas genangan banjir,” kata Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono

Data Polres Demak menyebutkan, genangan banjir rob terjadi terhitung sejak dua minggu. Tingginya genangan air, akibat terjadinya jadwal air laut pasang lebih tinggi dari hari sebelumnya.

Related Posts

1 of 621