Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Jamin Keamanan Paskah, Polres Banjarnegara Perketat Pengamanan

Banjarnegara – Polres Banjarnegara memperketat pengamanan wilayah dan gereja menjelang peringatan hari raya paskah 17 April 2022 mendatang.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK, MH mengatakan, pengamanan diperketat agar masyarakat dan jemaat merasakan aman dan nyaman.

“Selain meningkatkan pengamanan di tempat ibadah, kami juga akan mengawasi objek vital menjelang peringatan Paskah,” katanya di Mapolres Banjarnegara, Rabu (13/4/2022).

Sebagai antisipasi, pihaknya juga akan melakukan sterilisasi gereja sebagai bentuk daripada pemenuhan SOP sebagaimana yang harus dilaksanakan oleh kepolisian untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif kepada para jemaah saat menunaikan ibadah.

“Petugas memakai atribut lengkap membawa metal detector, inspection mirror dan anjing pelacak K-9 akan menyisir seluruh sudut ruangan gereja dan lingkungan sekitar untuk memastikan tidak ada benda yang membahayakan,” ujarnya.

Hal itu dilakukan, kata Kapolres, dalam rangka memberikan jaminan keamanan jemaat dalam menjalankan kegiatan ibadah di masa Pekan Paskah, yang dimulai dari Kamis Putih, Jum’at Agung hingga Minggu Paskah.

“Kita berusaha menjaga keamanan warga Banjarnegara, saudara kita yang akan beribadah di masa Paskah, bersama TNI dan Satpol PP dan instansi terkait akan memberikan pengawalan dan pengamanan penuh di setiap kegiatan ibadah di Gereja pada masa Paskah ini,” kata dia.

Ia menegaskan, pihaknya memeperketat pengamanan dengan melakukan patroli, baik pagi, siang, sore, maupun malam hari.

“Kita kerahkan personel dengan bersenjata lengkap, meski begitu menjaga keamanan merupakan kewajiban semua pihak, instansi dan seluruh masyarakat,” tegasnya.

Ia menghimbau, kepada seluruh masyarakat Banjarnegara agar bersama-sama menjaga Keamanan wilayah Kabupaten Banjarnegara.

“Hidup rukun, saling menghormati dan pengurus gereja dan jemaat tetap patuhi protokol kesehatan saat beribadah,” tandasnya.