BANYUWANGI – Pergantian kepemimpinan terjadi di 2 kepolisian resor di lingkungan Polda Jatim, yakni Polresta Malang Kota dan Polresta Banyuwangi. Kombes Nanang Haryono yang sebelumnya Kapolresta Banyuwangi kini menjabat Kapolresta Malang Kota menggantikan Kombes Budi Hermanto.
Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2098/IX/KEP/2024, Kombes Budi Hermanto yang karib disapa Buher dipromosikan untuk jabatan baru sebagai Direktur Reskrimsus Polda Jatim menggantikan Kombes Luthfie Sulistiawan yang akan mengemban tugas baru sebagai Kapolrestabes Surabaya.

Nanang Haryono yang merupakan putera kelahiran Bojonegoro, tepatnya lahir di Tondomulo, Kedungadem pada 8 Maret 1977 dikenal sebagai sosok yang disegani sekaligus dihormati. Dia telah menjabat beberapa posisi strategis di Polri, termasuk sebagai Kabag Ops di berbagai satuan.

Salah satu prestasi datang dari Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto yang memberinya penghargaan atas keberhasilan mengungkap peredaran sabu sebanyak 7 kg. Di bawah kepemimpinannya Tim Narkoba Polresta Banyuwangi berhasil mengungkap jaringan sabu yang terhubung dengan Bali dan beberapa wilayah di Jatim.

Apresiasi juga datang langsung dari masyarakat. Salah satunya dari artis Sharon Milan yang mengalami kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Sanjungan untuk Nanang disampaikan di acara podcast Uya Kuya. Uya Kuya menilai Polresta Banyuwangi sangat responsif dalam menangani KDRT yang di alami Sharon Milan.

“Salut pada Kapolresta Banyuwangi dan seluruh jajarannya yang telah sangat cepat menangani kasus ini,” ungkap Uya Kuya dalam podcast tersebut.

Pujian yang sama kepada Nanang juga diunggah oleh Sharon Milan di akun Instagram pribadinya.

Jauh sebelum itu, Nanang juga telah mendapatkan berbagai penghargaan atas kinerjanya. Dia dikenal sebagai pejabat Polri yang fokus pada peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat serta pelayanan masyarakat.

Dia membuktikan itu selama menjabat sebagai Kapolres Tuban sejak 2018. Pada 2019 Nanang sebagai Kapolres Tuban diganjar penghargaan kategori pelayanan prima.

Pelayanan prima adalah apresiasi tertinggi yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Tidak hanya itu, pada saat yang hampir bersamaan Polres Tuban juga meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Tidak hanya dalam hal pelayanan publik, Nanang juga dinilai berhasil dalam mengungkap berbagai kasus kriminal. Salah satu yang paling mencolok, Alumni Akpol 2000 yang satu angkatan dengan Buher itu berhasil membongkar jaringan peredaran miras oplosan terbesar di Indonesia yang beroperasi di sejumlah wilayah Jawa Timur.

Selain kasus miras oplosan, Kombes Nanang juga berhasil mengatasi masalah peredaran narkoba di Tuban. Ia memimpin operasi yang menargetkan pengedar narkoba hingga sejumlah sejumlah tersangka serta penyitaan barang bukti. Keberhasilannya menunjukkan komitmen dalam memberantas kejahatan dan meningkatkan keamanan di Tuban.

Sumber : www.detik.com

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono