Banyuwangi – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Banyuwangi menjamin pasokan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha 1445 H/2024 dalam keadaan aman. Setiap tahunnya, Banyuwangi selalu surplus ternak.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi, Arief Setiawan, menjelaskan menjelang Idul Adha tahun ini jumlah populasi sapi di Banyuwangi mencapai 116.784 ekor. Begitu juga dengan kambing mencapai 126.671 ekor dan domba 143.328 ekor. Sementara kebutuhan hewan kurban di Banyuwangi pada tahun lalu, untuk sapi 3.127 ekor, kambing 12.630 ekor, dan domba 6.226 ekor.

“Dengan populasi ternak seperti di atas, maka kita surplus. Tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan lokal, namun juga mampu menyuplai kebutuhan hewan kurban di luar daerah,” kata Arief.

Dia mengatakan menjelang Idul Adha permintaan hewan kurban dari luar daerah cukup besar. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pedagang yang meminta izin ke Dispertan untuk mengirim ternaknya ke luar daerah.

sumber: VIVA.co.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi