BANYUWANGI – Jelang pelaksanaan Penyekenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum On Multi Stakeholders Partnership (HLF-MSP) 2024 di Bali, 1-5 September mendatang salah satunya kesiapan dengan Apel gelar Pasukan di ASDP Ketapang Banyuwangi. kamis (29/8)

Dalam Gelaran Pengamanan dengan sandi Operasi Puri Agung II 2024 Polri akan bersinergi dengan berbagai instansi seperti TNI dan stage holder lainnya untuk mengamankan KTT di Bali.

Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Puji Santosa yang memimpin Apel Kesiapan di ASDP Ketapang Banyuwangi membacakan amanat Bapak kapolda Jawa timur di hadapan personel Apel.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Karo Ops Polda Jatim menyampaikan petunjuk – petunjuk dan arahan terkait pelaksanaan pengamanan KTT di Bali.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryoko, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan bahwa Personil Banyuwangi akan dikerahkan dalam pengamanan ini dan akan ditugaskan untuk mendukung keamanan di Bali.

Banyuwangi yang berbatasan langsung dengan pulau Bali dan merupakan daerah penyangga, maka diperlukan metode dan cara serta Standart Operasional Prosedur (SOP) Yang telah ditentukan.” Ujar Kombes Pol Nanang

Dalam pengamanan event ini mengerahkan ratusan personel yang telah ditentukan untuk melaksanakan kegiatan kepolisian dengan didukung instansi terkait,”terangnya

Lebih Lanjut Kapolresta Banyuwangi mengatakan bahwa Pelibatan satuan wilayah (Satwil) dalam pengamanan ini dikarenakan Banyuwangi yang beririsan langsung dengan Bali sebagai daerah yang menjadi venue utama.

Dalam Gelaran Apel Pasukan melibatkan 276 personil yang meliputi dari Polri, TNI dan stage holder lainnya serta dihadiri oleh Pejabat utama Polda Jatim, Forkopimda, Kapolres Rayon 3 (Situbondo, Bondowoso dan jember) dan Kapolsek Jajaran Polresta Banyuwangi.

Pada saat itulah, personel yang terlibat apel gelar pasukan ini mendaparkan arahan langsung dengan hal kesiapan pengamanan dalam Ops Puring Agung II 2024.

Dalam gelaran Apel tersebut digelarkan kendaraan dan peralatan pendukung sebagai tanda dimulainya kegiatan Operasi Puri Agung II 2024

Kabag Ops Polresta Banyuwangi Kompol Idham Khalid mengatakan kegiatan Apel gelar ini guna memastikan kesiapan dan pemahaman personel pengamanan dalam mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas.

“Kita memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya KTT ini,” kata Kompol Idham

Lebih lanjut Kompol Idham berpesan, agar seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan diharapkan untuk tetap semangat, menjaga kebersamaan dan profesional dalam menjalankan tugas.

“Optimisme mewujudkan Event KTT yang aman dan kondusif, diharapkan pelaksanaan Operasi Puri Agung II 2024 di Bali akan berlangsung sukses,”pungkas Kompol Idham. (**)

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono