Berita

Jelang Panen Mangga di Pemalang, Ada Tradisi Unik Bernama Pengantin Mangga, Seperti Apa?

Pemalang – Jelang musim panen raya mangga, Desa Penggarit, Kabupaten Pemalang menggelar even unik, yakni audisi pengantin mangga. Layaknya pengantin sungguhan, sepasang muda-mudi pemenang audisi ini nantinya akan dikirab ramai-ramai oleh warga desa saat gelaran festival mangga pada 22-23 Oktober 2022 mendatang.

Sabtu (8/10/2022), Kepala Desa Penggarit Imam Wibowo menjelaskan filosofi pengantin mangga dalam even festival mangga yang digelar 2 tahunan itu di wilayahnya.

Menurutnya, pasangan pengantin mangga adalah simbol dari perkawinan dua jenis mangga yang melahirkan Mangga Istana khas Desa Penggarit, yang sudah tersohor ke berbagai daerah karena rasanya sangat manis.

“Jadi Mangga Istana itu hasil dari perkembangbiakkan vegetatif atau stek antara mangga varietas Wirasangka dan Arumanis.” ungkapnya.

Tak sembarangan, lanjut Imam, pasangan pengantin mangga yang bakal dikirab dalam gelaran Festival Mangga 2022 ini dipilih melalui audisi dan seleksi yang ketat. Ada puluhan pria dan wanita yang antusias mengikuti audisi yang berlangsung di Benowo Park Desa Penggarit.

Pesertanya pun datang dari berbagai wilayah Kabupaten Pemalang. Mereka berkompetisi di hadapan dewan juri untuk menjadi yang terbaik, agar terpilih menjadi Pangeran Wirasangka dan Dewi Arumanis.

“Syarat peserta audisi pengantin mangga ini ya yang pasti single (lajang), kemudian berusia 17 sampai dengan 25 tahun.” ujar Imam Wibowo.

Nantinya pada saat acara Festival Mangga, kata Imam, pasangan pengantin yang lolos audisi itu bekal mengikuti ritual.

“Mereka akan dikirab ramai-ramai mulai dari Makam Pangeran Benowo ke tempat acara festival mangga.” jelasnya.

Total ada sebanyak 21 peserta yang mengikuti audisi pengantin mangga itu. Setelah melalui penilaian, dewan juri memutuskan Mahrus Darmaputra dan Rinjani Khanza Shafira menjadi Pangeran Wirasangka dan Dewi Arumanis.

Mahrus dan Rinjani nantinya menjadi pasangan pengantin yang dikirab dalam Festival Mangga 2022, tepatnya tanggal 22-23 Oktober 2022 di Lapangan Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Related Posts

1 of 1,580