Palangka Raya – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Gelar Operasional (GO) Sitkamtibmas Triwulan III tahun 2024, di Aula Arya Dharma, Mapolda setempat, Rabu (23/10/24).

Kegiatan tersebut, dipimpin langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, didampingi Wakapolda Brigjen Pol Dr. Rakhmad Setyadi, Irwasda Kombes Pol Dr. Benny Ganda Sudjana dan dihadiri para pejabat utama serta turut diikuti seluruh Kapolres jajaran dan personel pengemban fungsi operasional Polda Kalteng.

Dalam sambutannya, Kapolda mengatakan bahwa gelar operasional ini bertujuan untuk pemantapan kinerja dalam rangka mewujudkan terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polda Kalteng.

“Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi tahap pemungutan suara Pilkada serentak 2024,” ujarnya.

Kapolda juga mengatakan, pada tanggal 20 Oktober kemarin sudah dilaksanakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

“Dengan program bapak Prabowo yang sangat cepat ini, saya tekankan kepada para Kasatker dan Kasatwil agar secara optimal mendukung hal tersebut. Terutama terkait tupoksi kita yang sudah diatur dalam Undang-Undang no.2 tahun 2002,” jelas Djoko.

Lebih dalam, Djoko menekankan terkait update situasi Kamtibmas menjelang pemungutan suara dalam Pilkada serentak, agar para Kasatker dan Kasatwil melakukan mapping untuk memitigasi terjadinya potensi gangguan.

“Lakukan pengecekan secara rutin terhadap personel dan sitkamtibmas di wilayah. Intinya kita harus peduli terhadap perkembangan dinamika yang terjadi demi mewujudkan Pilkada aman dan nyaman,” imbuhnya.

Diakhir kesempatan, Kapolda menegaskan bahwa terkait operasionalisasi satgas Penanganan Konflik Sosial (PKS) yang menjadi tanggungjawab Stakeholder harus kembali dioptimalkan dengan baik

“Negara hadir dan tidak boleh kalah. Mari kita bersama wujudkan Kalteng aman dan nyaman,” pungkasnya.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng