SEMARANG – Arus balik lebaran ini sudah cukup padat, dan diperkirakan akhir pekan ini bakal jadi puncak arus balik. Sesuai rencana, one way arus balik akan diberlakukan, Sabtu (13/4) ini pukul 14.00 WIB.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Satake Bayu mengingatkan bagi para pemudik untuk mempersiapkan persiapan arus balik.

Terpenting, wajib diperhatikan masyarakat yang akan melakukan arus balik agar memperhatikan keselamatan, dengan menjaga kondisi fisik pengemudi tidak memaksakan batas kemampuan diri serta kendaraan juga mesti siap selama perjalanan.

“Pastikan diri anda selalu siap berkendara dengan memperhatikan keselamatan, jangan memaksa jika lelah dan mengantuk. Kendaraan juga perhatikan, agar perjalanan arus balik lancar dan selamat sampai tujuan,” kata Satake, Sabtu (13/4).

Masyarakat juga diingatkan untuk memastikan jadwal untuk arus balik demi menghindari kemacetan. Pada arus balik ini, puncak arus balik diperkirakan terjadi 13 dan 14 April, akhir pekan ini.

Bagi masyarakat yang akan balik kembali setelah mudik lebaran ini dengan travel, Satake juga mengingatkan, agar tidak memilih transportasi umum sembarangan, antisipasi tertipu dengan travel gelap.

“Harus benar-benar diperhatikan dalam memilih moda transportasi umum saat arus balik. Pastikan kendaraan dan pengemudi dalam keadaan siap untuk menghindari risiko kecelakaan,” kata Satake.

Demikian halnya untuk masyarakat yang masih berlibur, Satake mengimbau, pada saat berada di tempat-tempat wisata pengunjung harus selalu waspada terhadap kriminalitas.

“Tetap perhatikan kriminalitas yang rawan terjadi saat di tempat-tempat ramai. Kewaspadaan diri mesti jadi prioritas, disamping terkait kelancaran arus lalu lintas,” ucap Kabid Humas Polda Jateng itu.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono