Desember 4, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah Wawancara

Jembatan Wonokerto Demak Akan Dibuka Fungsional pada 15 Desember 2022

DEMAK – Jembatan Wonokerto yang terletak di Jalan Pantura Semarang-Demak, tepatnya di Karangtengah, Kabupaten Demak, akan dibuka fungsional pada 15 Desember mendatang.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Wida Nurfaida mengatakan penundaan pembukaan jembatan Wonokerto lantaran jembatan belum dinilai beresiko bila dioperasikan pada saat ini.

“Kami tadi sudah berdiskusi dengan tim Bukaka dan ada Kasatlantas Demak sepertinya agak terlalu riskan bila dibuka malam ini, jadi kita ulur waktu sedikit,” kata Wida, Kamis (10/11/2022).

Jembatan memiliki panjang sekira 61 meter, dan lebar jalan total 11 meter, sementara untuk yang bisa dilewati sekira 7 meter untuk dua lajur.

Dia menjelaskan bila dipaksaan untuk dibuka akan membahayakan penguna jalan.

Wida menyampaikan bahwa saat ini progres jembatan Wonokerto masih dalam progres 75 persen.

Pihaknya masih melakukan pekerjaan pembuatan parapet dibagian sisi jembatan, dan harus melakukan pengecoran jalan aspal sepanjang jembatan.

“Ini kalau dipaksa dibuka kami perlu mempertimbangkan faktor keselamatan, bukan hanya kenyamanan jadi kami tetap tutup,” ujarnya.

Melihat kondisi jembatan yang belum siap dilalui, Wida memutuskan bahwa pembukaan jembatan Wonokerto diundur sampai 15 Desember sebelum Nataru.

“15 Desember fungsional sebelum Nataru kan kita, tinggal pekerjaan minor saja,” jelasnya.

Untuk pembukaan sementara atau ujicoba pihaknya masih berusaha tetap bisa dilalui pada akhir bulan ini, sembari bila melalui jalan Tol Semarang Demak yang saat ini masih diupayakan pihaknya untuk mengurangi kemacetan.

“Ini di upayakan akhir bulan ini dan sementara pengupayaan jalur tol Semarang-Demak sampai bulan November benar dioptimalkan setelah 15 Desember,” tutupnya.