BANYUMAS– Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan seribu warga kelompok penerima manfaat (KPM) di Kompleks Pergudangan Bulog, Klahang, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Kamis (3/1/2024). Dalam kunjungannya, Jokowi secara langsung menyalurkan bantuan pangan berupa cadangan beras pemerintah (CBP), disambut dengan antusias oleh KPM yang telah menunggu sejak pagi.

“Ini yang hadir di sini, yang dulu September, Oktober, November, Desember, sudah mendapatkan, ada? Berarti ini tambahan semua ya, ini kelihatannya tambahan, tadi saya diberitahu oleh Pak Kepala Badan Pangan, yang sekarang ini tambahan,” tanya Jokowi kepada para penerima manfaat bantuan pangan CBP.

Jokowi menjelaskan bahwa bantuan pangan CBP yang disalurkan pada hari itu merupakan alokasi untuk bulan Januari 2024, dengan rencana penyaluran kembali pada bulan Februari dan Maret 2024.

“Kalau nanti APBN-nya, saya hitung dulu, memungkinkan, nanti April, Mei, Juni, juga bisa kita teruskan lagi,” kata Jokowi.

Presiden juga menanyakan apakah warga yang hadir telah menerima bantuan langsung tunai (BLT) El Nino sebesar Rp 400.000, mengingat tidak semua masyarakat mendapatkan BLT El Nino.

“Ada yang sudah, ada yang belum, karena BLT El Nino itu memang untuk menutup adanya kenaikan harga di lapangan karena kemarin musim panasnya panjang. Memang ada yang mendapatkan dan ada yang tidak mendapatkan,” kata Presiden.

Salah satu penerima manfaat, Suharti, penerima PKH dan BPNT di Sokaraja, merasa bersyukur karena mendapatkan bantuan pangan CBP dan paket sembako langsung dari Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah dapat bantuan beras 10 kg dan sembako, di dalam (paket)nya juga ada beras 5 kilogram,” kata warga Sokaraja itu.

Presiden Jokowi dalam kunjungannya didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi, Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Penjabat Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng