Batang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan meresmikan operasional Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, besok. Jokowi juga disebut akan melepas ekspor perdana 16 ribu pasang sepatu ke Amerika.

“Direncanakan Jumat (26/7) besok, Bapak Presiden akan melakukan peresmian operasional KIT B dan juga pelepasan ekspor sepatu merek Hokka dan Converse ke Amerika,” kata Corporate Secretary & CSR Division Head PT Danareksa (Persero), Agus Widjaja, saat ditemui awak media di Tower 2 Rusunawa KIT Batang, Kamis (25/7/2024)

Agus mengatakan, ekspor perdana 16 ribu pasang sepatu itu dilakukan pabrik Yih Quan Footwear Indonesia.

“Pabrik itu saat ini sudah menyerap sekitar 1.800 pekerja.” ujar dia.

Menurut Agus, penyertaan modal pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di KIT Batang sudah mencapai Rp 3,3 triliun.

“Kalau luas keseluruhannya (KIT Batang) mencapai 4.300 hektare, tapi yang baru dimanfaatkan baru 450 hektare,” jelasnya.

Agus menjelaskan, pembangunan KIT B dilakukan secara bertahap, terbagi dalam empat fase. Fase pertama mencakup area seluas 450 hektare, sedangkan fase kedua mencakup 650 hektare.

“Saat ini tahap pertama dan kedua sudah hampir rampung dan beberapa tenant telah memulai operasional mereka,” ucap Agus.

Agus mengatakan, sebanyak 18 tenant telah bergabung di KIT B.

“Saat ini jumlah tenaga kerja yang terserap mencapai 19.000 orang. Jika seluruh fase pembangunan selesai, jumlah tenaga kerja yang terserap diperkirakan bisa mencapai 200 ribu orang,” imbuhnya.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia