BeritaHeadlines

Jum’at Curhat Kapolres Sanggau Bersilaturahmi dengan Ormas dan Elemen Tokoh Kabupaten Sanggau

Sanggau, Polda Kalbar – Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K menggelar kegiatan Jumat Curhat dan Silahturahmi bersama Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat dalam rangka Harkamtibmas di Kabupaten Sanggau. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Teras Istana Surya Negara Kabupaten Sanggau, Jumat (13/1).

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Sanggai beserta PJU, Pangeran Ratu Surya Negara Drs. Gusti Arman, M.Si beserta Kerabat Keraton, Ketua FKUB Kabupaten Sanggau Pdt. Suyono Asun, M.Th, Ketua Paguyuban Lintas Etnis (MABM, DAD, MABT, G3, IKBM, Pasundan dan Kerabat Batak), Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama (Ketua NU, Ketua Muhamadiyah, Ketua DMI, Ketua PHBI, Ketua Bamag, Pendeta dan Pastor), Ormas (TBBR, PFKPM, POM, Pemuda Pancasila, PDKS, HMI, Senkom) dan Pewarsa (Wartawan Media Massa, Cetak dan Online)

Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau Gusti Arman selaku tuan rumah dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kapolres Sanggau.

“Undangan hari ini melibatkan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama sebagai ajang silahturahmi awal Tahun 2023,” ungkapnya.

Gusti Arman juga menyampaikan Ucapan terimakasih kepada Polres Sanggau, yang telah menempatkan Keraton Surya Negara sebagai tempat pelaksanaan silahturahmi.

“Sampai dengan saat ini jalinan silahturahmi yang baik tetap dipertahankan antara masyarakat bersama Polres Sanggau,” katanya.

Dirinya juga meminta kepada Polres Sanggau agar tetap lakukan koordinasi dan komunikasi agar permasalahan dapat terdekteksi dan teratasi.

“Saya menghimbau kepada para peserta untuk mendukung program Kapolres yang baru agar Kabupaten Sanggau tetap aman dan kondusif,” tukasnya.

Sementara Kapolres Sanggau dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau selaku tuan rumah yang telah memfasilitasi program kegiatan Jum’at Curhat Polres Sanggau.

Dalam kesempatan tersebut juga, Kapolres Sanggau memperkenalkan diri (Identitas, Riwayat Pendidikan dan Riwayat Penugasan).

AKBP Suparno juga mengatakan bahwa Silahturahmi ini dilaksanakan dalam rangka perkenalan serta menyerap informasi dari masyarakat

“Saya mengajak untuk bekerjasama / bersinergi / berkolaborasi dengan masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

“Dalam program kegiatan Jum’at Curhat ini, Kami Polres Sanggau siap menampung informasi, keluhan serta kritikan yang diberikan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan program belanja masalah / menjaring informasi.

Dalam kesempatan tersebut, Pastor Gereja Katedral Sdr. Albert Yance, Pr mengatakan Untuk saat ini kondisi Kabupaten Sanggau dalam keadaan aman dan nyaman.

“Selaku Tokoh Agama, saya mendukung tugas Polres Sanggau dalam menjaga Harkamtibmas di Kabupaten Sanggau,” ungkapnya.

Albert Yance juga menyampaikan informasi bahwa aktivitas muda-mudi yang menggunakan R2 secara ugal-ugalan yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya serta menyampaikan informasi adanya aksi balap liar oleh pemuda-pemudi di kawasan Sabang Merah Sanggau pada jam 22.00 WIB keatas.

Ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kabupaten Sanggau H. Syafriansyah, SP, MM menyampaikan bahwa DMI bersama Polres Sanggau telah berkolaborasi dalam kegiatan Safari Subuh, mengharapkan Kapolres yang baru dapat mengikuti giat yang dimaksud.

Dirinya juga menyampaikan informasi adanya penyalahgunaan narkoba dikalangan pemuda di Rutan Kelas II B Sanggau. Serta menyampaikan informasi pernikahan dini yang menyebabkan terjadinya permasalahan Stunting, agar kiranya jajaran Polres Sanggau ikut andil dalam memberikan edukasi melalui himbauan / sosialisasi kepada para pelajar.

Sementara Ketua FKUB Kabupaten Sanggau Pdt. Suyono Asun dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolres Sanggau.

“Kerukunan hidup antar umat beragama di Kabupaten Sanggau dapat terjalin dengan baik,” ucapnya.

Ia juga mengajak untuk bersama-sama monitor serta mengawasi aliran kepercayaan yang dianggap meresahkan di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Toleransi di Kabupaten Sanggau dapat dilihat saat perayaan hari besar keagamaan yang didukung oleh seluruh komponen keagamaan,” tukasnya.

Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau Suherman menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kapolres Sanggau.

Ia menyampaikan informasi terkait Lalu-lintas beserta rambu-rambu disekitaran wilayah kota Sanggau.

Dalam pengamanan hari besar keagamaan, Pemuda Pancasila berkolaborasi bersama pihak keamanan dan diharapkan Ormas lainnya juga ikut serta mendukung.

Sementara Ketua Muhammadiyah Kabupaten Sanggau Ade Juandi mengatakan untuk saat ini Kabupaten Sanggau dalam kondisi yang relatif aman dan kondusif.

Dirinya juga menyampaikan permasalahan Narkoba melalui jalur Perbatasan yang sangat berbahaya bagi masyarakat Kabupaten Sanggau.

Sementara tanggapan Kapolres Sanggau atas informasi yang diberikan peserta menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang masih mengapresiasi kinerja Polres Sanggau.

“Sesuai UU anak dibawah umur tidak diperbolehkan untuk mengendarai sepeda motor, untuk antisipasi aktivitas muda-mudi dijalanan Polres Sanggau akan tingkatkan himbauan dan sosialisasi kepada para pelajar melalui program Police To Shool dan Bhabinkamtibmas,” ucap AKBP Suparno.

Kapolres Sanggau juga menyampaiakan akan menempatkan anggota pada titik-titik rawan yang dijadikan ajang bagi para pemuda untuk melakukan aksi balap liar.

“Terimakasih atas pelaksanaan kegiatan Safari Subuh dan jika tidak ada halangan selaku Kapolres akan menghadiri giat yang dimaksud,” ungkapnya.

Terkait Permasalahan Narkoba, AKBP Suparno mengatakan bahwa ini merupakan penekanan langsung dan atensi bagi kami, semoga dengan adanya sinergitas bersama masyarakat, peredaran Narkorba di Kabupaten Sanggau dapat diberantas.

“Kami juga akan memberikan reward/penghargaan kepada masyarakat yang memberikan informasi secara jelas terkait peredaran Narkoba di Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sanggau mengajak bersama-sama untuk bertanggung jawab dalam pengendalian permasalahan pernikahan dini.

“Terkait kerukunan antar umat beragama agar tetap kita jaga bersama,” pesannya.

“Terimakasih kepada seluruh para peserta yang telah memberikan saran dan informasi untuk membangun situasi Kamtibmas Kabupaten Sanggau yang aman dan kondusif,” pungkasnya.

Kegiatan Jumat curhat dan silahturahmi Kapolres Sanggau bersama Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat dalam rangka perkenalan serta membangun komunikasi untuk menyerap dan menampung informasi dari masyarakat, guna menciptakan situasi Harkamtibmas yang kondusif wilayah Kabupaten Sanggau.

 

#Kapolda Kalbar, #Irjen Pol Drs. Suryanbodo Asmoro, #Wakapolda kalbar, #Brigjen Pol Asep Safrudin, #Kombes Pol Raden Petit Wijaya, #Kabidhumas Polda Kalbar, #Kapolres Mempawah, #Polres Mempawah, #AKBP Fauzan Sukmawansyah, #Polda Kalbar, #Polda Kalimantan Barat, #Polres Pangandaran, #AKBP Hidayat, #Banjarnegara, #Polres Rembang, #Polres Demak, #Polda Jateng, #Kapolres Sintang, #AKBP Tommy Ferdian, #Kompol Cucu Safiyudin, #Polrestabes Semarang, Polres Semarang, #Polres Pati, #Polres Batang

Related Posts

1 of 22,075