November 30, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Kak Seto Apresiasi TNI-Polri Memberi Pendampingan Psikologis Anak Korban Gempa Cianjur

Jakarta – Psikolog anak Seto Mulyadi memberikan apresiasi kepada para relawan dan tim trauma healing TNI-Polri yang telah memberikan pendampingan psikologis kepada anak-anak korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Pria yang akrab dipanggil Kak Seto ini mengatakan, anak-anak yang mengalami kondisi trauma akibat gempa harus segera ditangani secara serius dan profesional. Jika tidak segera ditindaklanjuti, maka berbahaya bagi psikologis anak ke depan.

“Apa yang sudah dilakukan oleh para relawan adalah sesuatu yang tepat. Mohon anak-anak dibawa kembali ke dunia mereka yang indah,” kata Kak Seto, Jumat 25 November 2022

Kak Seto meminta para pendamping psikologi anak memberikan fun education kepada anak-anak. Berikan sesuatu yang menyenangkan dengan unsur pendidikan. Dia meyakini cara itu bisa memulihkan trauma anak.

“Itu akan segera mempercepat pemulihan trauma mereka. Memang tiap anak berbeda tetapi langkah-langkah itu yang diperlukan,” kata Kak Seto.

Kal Seto juga meminta para orang dewasa untuk memberikan contoh yang baik bagi anak. Jangan menunjukkan sikap mudah marah dan emosi. Berikan kasih sayang supaya anak juga tenang menghadapi bencana ini.

“Memang orang dewasa juga mengalami trauma. Nah untuk itu para relawan mohon didampingi juga. Tetapi kondisi anak yang paling parah. Kalau orang tua stres atau mudah marah, maka yang dialami anak akan berat sekali,” pungkasnya.