Semarang – Rekayasa lalu lintas akan dilakukan di kawasan Simpang Lima Semarang saat kampanye akbar paslon 03, Ganjar-Mahfud. Pengguna jalan akan diminta menghindari kawasan Simpang Lima.
Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi mengatakan untuk Jalan Pahlawan mulai dari ujung Simpang Lima hingga air mancur akan ditutup pukul 06.30 WIB hingga pukul 09.00 WIB untuk senam.

“Pagi hari di ujung Jalan Pahlawan dari tulisan Simpang Lima sampai air mancur akan ada senam jam 07.00-09.00. Ditutup mulai jam 06.30,” kata Yunaldi di sela peringatan Hari Pers Nasional di Mapolrestabes Semarang, Jumat (9/2/2024).

 

Kemudian untuk pengalihan lalu lintas keseluruhan akses ke Simpang Lima seperti saat Car Free Day akan dilakukan mulai pukul 10.00 WIB karena persiapan acara bakal dimulai pukul 12.00 WIB.

“Terus acara siang jam 12.00 persiapan. Dari jam 10.00 tutup seperti CFD hingga jam 19.00 WIB,” ujarnya.

Akses yang bisa dilalui di sekitar Simpang Lima yaitu Jalan Veteran, Sriwijaya, dan Erlangga atau Peleburan. Kantong parkir juga sudah disiapkan untuk kendaraan dan bus.

Yunaldi menjelaskan, untuk parkir kendaraan dari arah Timur, bisa ditempatkan di Pleburan dan kawasan Stadion Diponegoro.

“Kalau kendaraan besar diparkirkan di MT Haryono, Dr Cipto, Jalan Kompol Maksum, sampai ke barito itu cukup luas. Lalu juga di Masjid Agung,” kata Yunaldi.

Kemudian dari arah Selatan seperti Ungaran, Solo, dan Klaten, bisa keluar dari Tol Jatingaleh atau lewat Banyumanik dan diminta menurunkan penumpang di Jalan Pahlawan.

Untuk parkir di kendaraan roda dua bisa diparkir di Taman Indonesia Kaya maupun di Pleburan. Bus-bus dan kendaraan lainnya bisa diparkir dk Wonderia maupun TBRS sampai ke Sisingamaraja maupun area Stadion Jatidiri. Sedangkan dari Barat seperti Kendal sampai Brebes bisa masuk Krapyak dan diimbau menurunkan penumpang di KFC Jalan Pandanaran.

“Roda dua bisa parkir di TLJ dan nanti roda empat bisa di kantong-kantong parkir PRPP, Jalan Gajahmada dan Jalan Pemuda, Kantor Walikota, POJ City itu cukup luas,” tegasnya.

Selain itu Yunaldi juga meminta pengguna kendaraan roda dua untuk memperhatikan keselamatan dan tidak menggunakan kenalpot brong.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono