SEMARANG – Jajaran Polda Jateng cukup berbangga, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi menjadi salah satu tokoh yang masuk dalam daftar 40 tokoh di Jawa Tengah yang dianugerahi sebagai tokoh inspiratif 2023. Selain itu, satu nama pejabat Polda Jateng yaitu Kabid Dokkes yang juga

pakar forensik, Kombes Dr Yummy Hastry Purwanti, turut dianugerahi penghargaan serupa.

Adapun sejumlah figur populer di Jawa Tengah yang masuk dalam daftar tokoh inspiratif ini diantaranya, Dr (HC) Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (Dewan Pertimbangan Presiden), Dr (HC) KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus, Romo Dr Aloysius Budi Pramono PR ( Imam Diosesan Keuskupan Agung Semarang), Sri Mulyani (Menteri Keuangan RI), serta Prof Dr Wahyurudhanto, (Komisioner Kompolnas RI)

Kisah ke-40 tokoh ini diabadikan dalam sebuah buku berjudul “40 Tokoh Inspiratif Jateng 2023” dan diserahkan dalam malam penganugerahan Tokoh Prestasi Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Sabtu (13/1/2024) pukul 19.00 WIB.

Ketua Panitia Acara Fahmi Zulkarnain berharap kiprah tokoh-tokoh ini dalam membangun Jawa Tengah sesuai bidang tugasnya dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat luas.

“Kisah hidup ke-40 tokoh ini bisa menjadi referensi tentang inspirasi dan keteladanan kehidupan,” ungkapnya.

Sedangkan Gus Mus, dalam sambutannya mengatakan meski dalam suasana pemilu lima tahunan, Provinsi Jateng tetap aman dan kondusif tidak seperti daerah lain, menurutnya, Jateng menjadi daerah atau ladang bagi kerukunan, keguyuban masyarakat.

“Hal ini disebabkan pemangku kepentingan dan tokoh masyarakat terus menyuarakan kedamaian dan ketenteraman meski dalam masa pemilu,” kata ulama kharismatik ini

Terkait penganugerahaan yang diterima Irjen Ahmad Luthfi dan Kombes Dr Summy Hastry, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Satake Bayu Setianto mengatakan penobatan dua pejabat tersebut menjadi inspirasi sekaligus kebanggaan bagi seluruh jajaran kepolisian di Jawa Tengah.

“Paling tidak ini menunjukkan masyarakat merasakan manfaat yang cukup besar dan terkesan atas seluruh prestasi dan kinerja dua tokoh tersebut sehingga dianugerahi penghargaan menjadi dua orang tokoh yang masuk dalam 40 tokoh inspiratif di Jawa Tengah,” jelasnya

“Bagi kami anggota Polri, ini menjadi bukti bahwa dengan keikhlasan dalam mengabdi dan dedikasi kerja yang tinggi akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Hal ini sangat menginspirasi kami untuk selalu berbuat yang terbaik bagi kepentingan masyarakat khususnya di Jawa Tengah,” pungkas Kabid Humas.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng