SEMARANG – Jajaran Polda Jateng telah mempersiapkan diri menyambut gelaran pemilukada serentak. Pesta demokrasi memilih pemimpin daerah diharapkan berjalan dengan jujur, adil, damai, rukun dan menghasilkan pemimpin sesuai pilihan rakyat.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat menerima rombongan Jawa Pos Radar Group wilayah Jateng-DIY di Mapolda Jateng Kamis (25/7). Jajaran pimpinan Jawa Pos Radar Group yang hadir adalah Direktur Radar Semarang dan Radar Kudus Baehaqi, Direktur Radar Solo Resita Rika Aryani, Direktur Radar Jogja Ananto Priyatno bersama para general manager, manajer dan pemimpin redaksi.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, kontestasi pemilukada di Jateng berbeda dengan daerah lain. Akan ada sejumlah daerah yang memiliki pemilukada yang kompetitif. Tentu kondisi ini akan menjadi perhatian Polda Jateng agar pesta demokrasi berjalan dengan sejuk dan damai.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua. Kita akan bergabung agar eskalasi pemilukada tidak terlalu panas,” kata Ahmad Luthfi.

Pemilukada serentak ini memiliki tantangan tersendiri bagi Polri untuk menjaga agar kondisi masyarakat tetap damai. Hari H Pemilukada yang berlangsung bersamaan di semua daerah membuat polres-polres harus mandiri dalam menjaga wilayahnya masing-masing. Sebab tidak akan ada back up bantuan personel dari polres tetangga. Sebab semua polres akan memiliki tanggung jawab untuk mengamankan pemilukada di wilayahnya masing-masing.

Karena itu, Ahmad Luthfi berharap pada media untuk ikut menjaga kondisi kamtibmas agar tetap tenang. Salah satunya lewat pemberitaan yang seimbang dan tidak menimbulkan konflik di masyarakat. Apalagi setahun terakhir ini masyarakat sudah jenuh dengan urusan politik dengan adanya pemilu legislatif dan pemilu presiden. “Saat ini, mari kita tunjukkan bahwa Jateng bisa rukun,” ujarnya.

Sementara Baehaqi mengatakan, Radar Semarang, Radar Kudus, Radar Solo dan Radar Jogja merupakan kelompok media dari Jawa Pos Radar Group yang memiliki wilayah edar di area Provinsi Jawa Tengah. Jawa Pos Radar Group siap bersinergi bersama Polda Jateng dalam mengawal proses pesta demokrasi agar berjalan dengan damai dan menghasilkan pemimpin daerah sesuai keinginan masyarakat. “Kami memiliki media cetak, online dan juga televisi yang menjangkau kabupaten/kota di Jateng,” jelas Baehaqi yang juga menjabat sebagai wakil direktur Jawa Pos Radar Group ini di hadapan kapolda dan jajarannya.

Hanya berselang beberapa jam, kapolda dan sejumlah pejabat utama Polda Jateng melakukan kunjungan balasan ke kantor Jawa Pos Radar Semarang yang bertetanggaan dengan Mapolda Jateng. Pada kesempatan ini, Luthfi berkesempatan melakukan talkshow di studio Jawa Pos TV Jawa Tengah.

Dipandu host Direktur Radar Semarang Baehaqi, Ahmad Luthfi banyak bercerita mengenai kesiapan Polda Jateng dan jajarannya dalam menyambut Pemilukada di wilayah Provinsi Jateng. Termasuk skenario yang disiapkan Polda Jateng untuk menjaga suasana tetap kondusif selama pelaksanaan Pemilukada. Perbincangan dengan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi ini nantinya bisa disaksikan pada program Jateng Talk yang akan disiarkan lewat Jawa Pos TV Jawa Tengah.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia