Banyuwangi –  Event Balap sepeda Tour de Banyuwangi Ijen (TDBI) 2024 sudah mencapai Akhir yakni Etape 4, yang kali ini start dari Pantai Boom Marina sampai finish di Paltuding Ijen. Dibuka langsung oleh Bupati Ipuk Festiyandani beserta Fokopinda Banyuwangi. Kapolda Jatim Irjen Pol. Imam Sugianto diwakili Kabid TIK Polda Jatim Kombes Pol. Adewira Negara dan Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Nanang Haryono ikut hadir dalam Start Ceremony Tour de Banyuwangi Ijen (TDBI) 2024, Kamis (25/7/2024).

Bupati Banyuwangi mengucapkan terimakasih dan selamat bertanding kepada Para Pembalap yang akan Bertanding di Etape 4 Tour de Ijen Banyuwangi, “ saya ucapakan terimakasih kepada para tamu undangan, siswa siswi Sekolah dan para hadirin semua serta saya ucapkan selamat bertanding di akhir etape 4 ini kepada para peserta Lomba TDBI 2024, tetap junjung sportivitas dan semoga selamat sampai garis finish serta tetap utamakan keselamatan dikarnakan dijalur ini sangat ekstrim,” ungkap Ipuk.

Tour de Ijen Banyuwangi ini adalah Salah satu ajang balap sepeda paling bergengsi ini sudah digelar mulai hari senin kemarin dengan dibagi beberapa Etape. Sebagai informasi, Tour de Ijen merupakan agenda balap sepeda resmi organisasi balap sepeda dunia Union Cycliste Internationale (UCI) dan salah satu agenda tahunan Banyuwangi. Kapolresta Banyuwangi Menyampaikan “Semoga kepada para Pembalap bisa mencapai garis Finish dengan selamat” ungkap Kapolresta Banyuwangi.

Prosesi ceremony pelepasan pembalap dibuka dengan di kibarkannya bendera start oleh Kapolresta Banyuwangi didampingi Forkopimda Banyuwangi. Masyarakat dan para siswa siswi tak kalah semangat dalam melepas para pembalap dengan sorakan dan tabuhan-tabuhan alat musik yang sangat meriah.

Etape 4 TDBI hari ini akan melintasi jalur sepanjang total 167,5 (km) yang terbagi dalam 3 intermediate sprint yakni Maron 61,4 KM, Jajag 87,5 KM, dan Pakis 128,1 KM serta terdapat Feed Zone 88,3 KM. Para pembalap juga akan menghadapi beberapa tanjakan dalam etape ini yakni Tanjakan Pesucen di 13 KM dengan tinggi 335 M, Tanjakan Kalibendo di 144,9 KM dengan tinggi 561 M, dan Tanjakan Ijen di 162,8 KM dengan tinggi 1869 M.

Dalam etape terakhir hari ini, para pembalap akan melintasi jalur berikut ini:
START Pantai Boom – Pendopo Sabha Swagatha Blambangan – Simpang Lima – Cungking – Giri – Lateng – Simpang 3 Sukowidi – Argopuro – Simpang 4 Brak – Simpang 3 Kluncing – Kopenbaya – Pesucen – Simpang
3 Grogol – Jambean – Jambesari – Simpang 3 Kemiren – Simpang 3 Olehsari – Simpang 3 Banjarsari – Pendarungan – Simpang 3 Kalirejo – Kabat – Rogojampi – Simpang 3 Lincing – Lemahbang – Alasmalang – Gambor – Simpang 3 Melik – Parijatah Kulon – Simpang
4 Karangsari – Simpang 3 Ibrahimy – JI. Imam Bahri Genteng – Simpang 4 Jalen – RTH. Maron – Simpang 4 Terminal Lama – Simpang 3 Setail – Tegalsari – Karangdoro – Blokagung -Kabeanem- Bangosere – Simpang 4 Bango Setasiun – Simpang 5 Jajag – Simpang 4 Jajag – Simpang 3 Koramil Jajag – Sembulung – Keradenan – Benculuk – Srono – Mangir – Rogojampi – Kabat – Patung Kuda – JI. Brawijaya – Cungking – Sasak Perot – Simpang 3 Patung Barong – Kemiren – Kalibendo – Jambu – Gantasan – Finish di Paltuding Ijen.

Tetap seperti etape kemarin, ada 20 tim terdiri dari 90 pembalap dari dalam dan luar negeri akan berlaga TDBI 2024. Mereka akan mengikuti balapan yang akan melintasi 167,5 (km) di etape 4 ini.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono