BANYUWANGI – Dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dalam dunia penyelematan, Satpolairud Polresta Banyuwangi bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) dan instansi terkait melaksanakan simulasi dan pelatihan penyelamatan diperairan Selat Bali. Kamis (29/8/2024).

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi AKP. I Nyoman Ardita, S.H., M.H. menjelaskan giat pelatihan dengan tema “Karuna Nisevanam Top Drill Exercise” yang dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan anggota dalam menyelamatkan nelayan/penumpang kapal yang mengalami musibah kebakaran ditengah laut khususnya kapal yang melintas perairan Selat Bali.

Latihan dan Simulasi yang dilaksanakan merupakan latihan gabungan antara unsur Basarnas dengan lembaga Pemerintah, Kementerian BUMN, lembaga Swasta dan Organisasi yang memiliki potensi SAR, untuk tahun 2024 ini dilaksanakan oleh 3 (tiga) kantor SAR, yaitu Surabaya, Denpasar dan Mataram, tentunya dengan stakeholder maritim terkait di selat Bali.

Sebagai penutup AKP. I Nyoman Ardita mengatakan pelatihan ini tidak sekedar simulasi melainkan persiapan nyata dan siaga TNI, Polri beserta pemerintah dalam menghadapi tantangan yang terjadi, setiap langkah yang kita ambil, merupakan cerminan dedikasi dan tanggung jawab untuk mewujudkan rasa aman, dan nyaman.

Latihan ini dituntut untuk meningkatkan kesiapsiagaan pencarian dan pertolongan untuk melindungi, menyelamatkan saudara kita dalam situasi darurat.

sumber: suaraglobal.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono