BeritaJelajah

Kawasan Wisata Dipadati Wisatawan, Polda Jateng Lakukan Pengamanan Antisipasi Kejahatan dan Kemacetan

SEMARANG, Jateng – Obyek wisata di Jawa Tengah ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk mengisi liburan Idul Fitri.

Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan pihaknya sudah memprediksi dan menyiagakan personel pengamanan obyek wisata.

“Dari 21 ribu personel yang disiagakan pada operasi Ketupat Candi 2023 ini, pada H+2 Lebaran ini sebagian digeser untuk pengaman obyek wisata. Semuanya obyek wisata diamankan namun ada sejumlah titik yang menjadi prioritas seperti kawasan Dieng, pantai Kartini dan pulau Karimun di Jepara, kawasan wisata candi di Klaten dan Magelang,” kata Kabidhumas, Senin, 24 April 2023.

Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menambahkan pengamanan obyek wisata tidak hanya untuk mengantisipasi tindak kejahatan.

Tapi juga untuk mengantisipasi lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di lokasi obyek wisata serta menjamin keselamatan terutama di obyek wisata air.

“Personel juga ditugaskan mengamankan jalur ke arah obyek wisata termasuk membuat rekayasa lantas bila dibutuhkan. Selain itu, faktor keselamatan pengunjung juga kita prioritaskan. Untuk ini sudah dilakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk pengelola obyek wisata,” ungkapnya.

Untuk obyek wisata air seperti di Karimunjawa dan di Klaten, lanjut Kabidhumas, sudah berkoordinasi dengan Dipolairud.

Di Karimunjawa disiapkan petugas di pantai Kartini dan Karimunjawa.

Sedangkan di Klaten ada 9 wisata air yang menjadi prioritas dan dijaga oleh 103 personel.

“Pada intinya semua personel sudah tergelar di seluruh kawasan wisata Jawa Tengah. Namun demikian kami meminta kerjasama para wisatawan untuk memprioritaskan keselamatan diri saat berwisata serta mematuhi arahan petugas di lapangan,” tutupnya.

sumber: suaramerdeka

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Banjarnegara, Polres Rembang, Kapolres Rembang, Pemkab Rembang, Kabupaten Rembang, Rembang, Polrestabes Semarang, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kodya Semarang, Polres Batang, Kabupaten Batang, Pemkab Batang, Batang, Polres Pati, Kabupaten Pati, Pemkab Pati, Pati, Polres Demak, Kabupaten Demak, Pemkab Demak, Demak, Polda Jateng, Jateng, PoldaJawaTengah, JawaTengah, Polri, Polisi, Polda Kaltara, Kaltara, Kalimantan Utara, Polres Pangandaran, Pangandaran, OKC 2023, Ops Ketupat Candi 2023, Operasi Ketupat Candi 2023

Related Posts

1 of 22,079