Banyumas – Kebakaran menghanguskan kandang ayam di Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun puluhan ribu bibit ayam yang baru diisi mati terpanggang.
Kepala UPT Damkar Kabupaten Banyumas, Andaru Budilaksono, mengungkapkan kejadian ini awal mula diketahui oleh pemilik bernama Suparno sekitar pukul 11.15 WIB.

“Sekitar pukul 11.15 WIB, (pemilik) sedang duduk di ruang tamu, lalu mendengar letupan di kandang ayam. Setelah dicek ternyata sudah terdapat penyalaan api di bagian tengah atas kandang ayam,” kata Ndaru melalui keterangan tertulisnya, Kamis (25/7/2024) malam.

Melihat kejadian tersebut, pemilik panik dan berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Ia kemudian berusaha memadamkan dengan alat seadanya dan menghubungi petugas damkar.

“Pemilik lalu berteriak dan berupaya memadamkan dengan alat seadanya lalu salah seorang perangkat menelpon salah satu anggota damkar (Ruwanto). Selanjutnya diteruskan ke Damkar induk setelah menerima telpon 2 unit dari kantor induk dan 1 pos Kembaran menuju TKP,” terangnya.

Ndaru menyebut usai mendapat laporan tersebut petugas langsung menuju ke TKP dan sampai pada pukul 11.50 WIB. Karena kondisi kandang didominasi oleh bahan yang mudah terbakar sehingga cukup menyulitkan proses pemadaman.

“Api baru bisa dipadamkan pada pukul 14.00 WIB. Kendaraan yang terlibat ada 3 mobil pemadam kebakaran dibantu dengan unsur TNI-Polri, PLN, Tagana dan PMI” jelasnya.

Ndaru mengungkapkan, kebakaran diduga karena korsleting di kandang ayam.

“Penyebab kejadian diduga korsleting listrik. Kerugian kurang lebih Rp 1,3 miliar. Dari keterangan pemilik kandang baru diisi 24 ribu ayam kecil (bibit),” pungkasnya.

sumber: detikjateng

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo