Desember 3, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Kebakaran Lalap Rumah dan Empat Ekor Kambing di Winong Pati

Pati – Kebakaran terjadi di Dukuh Kemalangan RT 3 RW 1 Desa Sarimulyo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu (8/10/2022).

Musibah itu menimpa sebuah rumah milik Paijan warga setempat. Tak hanya rumah, empat ekor kambing miliknya turut terpanggang oleh si jago merah. Kasi Humas Polres Pati AKP Pujianti mengatakan kebakaran terjadi sekitar 07.30 WIB.

Dijelaskan, pada pukul 07.20 WIB, seorang warga, Marjo (63), melihat api sudah menjalar ke atap rumah dan kandang kambing. Saat itu, pemilik rumah sedang bekerja di sawah miliknya. Melihat api sudah besar, Marjo pun berteriak dan meminta tolong kepada warga lainnya.

Warga pun berbondong-bondong dan seketika mencoba memadamkan api. Peristiwa itu juga dilaporkan ke Pemadam kebakaran Kabupaten Pati serta Polres Pati.

”Warga lainnya mengumumkan kebakaran di musala terdekat. Kemudian Marjo memangil pemilik rumah yang sedang bekerja di sawah,” tutur dia.

Namun, api semakin membesar dan menghabiskan seluruh rumah dan kandang ternak. Si jago merah juga merambat membakar atap rumah yang berada di sebelah selatan.

”Kemudian dua tim pemadam kebakaran datang ke lokasi memadamkan api yang sudah mulai membesar dan menjalar ke samping rumah. Para warga menyelamatkan barang dan kambing ternak yang masih bisa diselamatkan,” beber AKP Pujianti.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Pati, Sugiyono menambahkan api berasal dari pembakaran rumput atau bediang. Si jago merah bisa dijinakkan sekitar pukul 08.45 WIB.

Selain melahap rumah dan kandang kambing, api tersebut juga menghabiskan perabotan rumah, satu unit sepeda motor, tiga sepeda angin, satu unit televisi dan empat ekor kambing.

Kerugian ditaksir mencapai Rp 100 juta kami menerima laporan kebakaran sekitar pukul 07.40 WIB,” pungkas Sugiyono.