BeritaJelajah

Kehadiran Posyandu Kesehatan Jiwa Nusa Indah di Banjarnegara Bikin ODGJ Terbantu

BANJARNEGARA – Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah kini memiliki kesempatan untuk melakukan perawatan Kejiwaan di Posyandu Kesehatan Jiwa Nusa Indah.

Ini merupakan posyandu kesehatan jiwa pertama di kecamatan tersebut tepatnya berada di Desa Lemahjaya.

Posyandu kesehatan jiwa merupakan bentuk kepedulian agar orang dengan masalah kesehatan (ODMK) dan orang dengan gangguan jiwa dapat mengelola kehidupannya dengan lebih baik. Upaya pendiriannya disebut sebagai bentuk penanganan permasalahan sosial dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Kegiatan di posyandu pun dipandu oleh perawat dan kader desa yang telah dilatih terkait kesehatan jiwa.

Posyandu ini berdiri dengan dukungan dari Kementerian Sosial RI melalui Sentra Satria Baturraden bersama Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPA) Banjarnegara.

“Kesehatan jiwa menjadi salah satu isu yang menarik karena tanpa dukungan keluarga dan masyarakat, mereka susah untuk pulih,” kata Kepala Sentra Satria Baturraden, Darmanto mengutip keterangan pers, Selasa (8/11/2022).

“Posyandu kesehatan jiwa ini merupakan media untuk membantu, tidak hanya orangnya saja tetapi juga mempersiapkan keluarganya untuk menerima mereka kembali. Dan Desa Lemahjaya menjadi pioneer,” tambahnya.

Selain melayani masalah kesehatan termasuk kesehatan jiwa, menurut Kepala Dinsos PPA Banjarnegara Noor Tamami, posyandu ini juga memberikan layanan dan edukasi soal respons kebencanaan.

Related Posts

1 of 1,623